Tata Langkah Aqiqah Anak Wanita Sama Sunnah

Sama seperti yang sudah disebut awalnya, tata langkah aqiqah anak wanita sama sunah tidak berbeda jauh dengan lelaki. Bedanya cuman di jumlah kambing yang disembelih, yakni 1 ekor untuk anak wanita, serta 2 ekor untuk anak lelaki.

Berikut tata langkah aqiqah anak wanita sama sunah:

Menyembelih Kambing

Paket aqiqah Kediri anak wanita yang pertama kali ialah menyembelih kambing. Sedang masalah jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah anak wanita serta lelaki ini sudah disebut dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud. Yang artinya: Dari Ummu Kurz ia berkata, “Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda ‘Untuk seorang anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan untuk akan perempuan adalah seekor kambing. Tidak mengapa bagi kalian apakah ia kambing jantan atau betina’.” (HR. Abu Dawud no. 2834-2835).

Ketentuan kambing yang disembelih untuk aqiqah anak wanita serta lelaki ini sama juga dengan hewan kurban. Kambing yang bermutu, baik dari sisi tipe sampai umur, bebas dari cacat serta penyakit harus tercukupi. Sebelumnya menyembelih kambing untuk aqiqah, disunnahkan untuk membaca doa seperti berikut: Bismillahi wa billahi, allahumma ‘aqiqatun ‘an fulan bin fulan, lahmuha bilahmihi sang azhmihi, allahummaj’alha wiqaan liali muhammadin ‘alaihi wa alihis salam. Yang artinya: “Dengan nama Allah serta dengan Allah, Aqiqah ini dari fulan bin fulan, dagingnya dengan dagingnya, tulangnya dengan tulangnya. Ya Allah, jadikan aqiqah ini sebagai tanda kesetiaan kepada keluarga Muhammad SAW.”

 

Mengolah Daging Aqiqah

Tata langkah aqiqah anak wanita selanjutnya ialah mengolah daging dari hewan yang disembelih untuk aqiqah. Jumhur ulama lebih mengajurkan untuk mengolah daging aqiqah lebih dulu sebelumnya bagikannya ke beberapa orang. Hal tersebut diutarakan dalam kitab Atahzib yang dicatat Imam Al-Baghawi. Yang artinya: “Dianjurkan untuk tidak membagikan daging hewan aqiqah dalam keadaan mentah, akan tetapi dimasak terlebih dahulu kemudian diantarkan kepada orang fakir dengan nampan.” (Imam Al-Baghawi dalam kitab Atahzib)

Mengonsumsi Beberapa Daging Aqiqah

Tata langkah aqiqah anak wanita setelah itu mengonsumsi beberapa daging aqiqah. Menurut hadis yang diriwayatkan al-Bayhaqi, daging aqiqah seharusnya dibuat lebih dulu baru diberikan. Berikut makna dari hadis itu: Artinya: Aisyah r.a berkata, “Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh.” (HR al-Bayhaqi) Dari hadis yang diriwayatkan al-Bayhaqi, jelas sudah disebut jika daging aqiqah beberapa dikonsumsi. Sedang sebagiannya kembali diberikan ke beberapa orang.Tata langkah aqiqah anak wanita dalam bagikan daging ini hampir serupa dengan daging kurban. Beberapa daging aqiqah dikasih ke keluarga yang melakukan aqiqah. Sesaat bekasnya bisa diberikan ke tetangga atau fakir miskin.

Cukur Rambut serta Memberi Nama

Cukur rambut bayi serta menamai adalah tata langkah aqiqah anak wanita selanjutnya. Dalam tata langkah aqiqah anak wanita sama sunah, orangtua menamai yang bagus ke anak yang baru lahir. Menamai yang bagus menggambarkan bagaimana akhlak serta imannya kelak ke Allah SWT. Hukum cukur rambut bayi waktu lakukan aqiqah menurut opini yang kuat di kelompok ulama ialah sunah.

Doakan Bayi

Tata langkah aqiqah anak wanita setelah itu doakanya. Berikut bacaan doa yang seharusnya disampaikan untuk bayi yang baru lahir: “U’iidzuka bi kalimaatillaahit tammaati min kulli syaithooni wa haammah. wa min kulli ‘ainin laammah.” Yang artinya: “Saya perlindungkan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang Perkasa, dari tiap-tiap godaan syaitan, serta tiap-tiap pandangan yang penuh kebencian.”

 

Demikian tata langkah aqiqah Kediri anak wanita menurut islam sama sunah yang dapat kamu turuti serta aplikasikan.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *