Simak Yuk Mudah Cari KPR Subsidi, Ini Aplikasinya

Semua pengembang yang sudah tercatat di Skema Register Pengembang atau Sireng dapat masukkan semua data project perumahannya ke aplikasi SiKasep atau Skema Info KPR Bantuan Perumahan (SiKasep). Demikian gampang supaya warga langsung bisa mengaksesnya.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Biasa serta Perumahan Eko D Heripoerwanto mengemukakan jika dalam pendistribusian dana Sarana Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), warga bisa lakukan proses usaha yang tersambung langsung dengan bank pelaksana atau pengembang jadi penyuplai tempat tinggal.

Menurut Eko, dalam menyediakan produk huniannya, Aplikasi SiKasep ini menyertakan andil dari beberapa pengembang untuk sediakan produk yang ditawarkannya dengan real time lewat Aplikasi Skema Info Kelompok Pengembang (SiKumbang). Ini mempermudah pengembang dalam pasarkan tempat tinggalnya langsung ke warga.

“Para pengembang diinginkan bisa menyuplai data perumahannya dengan komplet, baik yang telah ada, sedang dibuat, atau gagasan pembangunan yang akan datang secara baik,” katanya.

Sesaat dari bagian bank pelaksana, Eko menjelaskan proses usaha yang dikerjakan bisa lebih singkat. Lebih memudahkan untuk mengindentifikasi perolehan proses usaha FLPP yang menyebar dari bagian penyuplai perumahan.

Buat pemerintah sendiri, data yang terhimpun dalam aplikasi SiKasep dapat jadi referensi dalam tentukan kebijaksanaan lebih strategis ke depan. Ini mencakup penyediaan tempat tinggal serta pendistribusian dana pertolongan pembiayaan perumahan yang lebih efisien serta efektif.

Terhitung semenjak aplikasi SiKasep dikeluarkan sampai 10 Januari 2020, sudah tertera oleh Pusat Pengendalian Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) lebih dari 13.600 pendaftar antrean rumah pada aplikasi ini. Sudah didownload oleh 10.000 lebih pemakai.

Mengenai Warga Berpendapatan Rendah (MBR) semenjak tanggal 1 Januari 2020 juga dapat lakukan akad credit dengan Bank Pelaksana dengan memakai aplikasi SiKasep. Berkaitan dengan keinginan pembayaran dana FLPP tahun 2020, lewat skema e-FLPP dari Bank Pelaksana akan dilayani oleh PPDPP mulai 15 Januari 2020.

“Permintaan ini ditujukan buat KPR Sejahtera dengan ketetapan harga lama yakni tahun 2019,” tutur Direktur Penting PPDPP Arief Sabaruddin.

“Sementara itu, keinginan awal pembayaran dana FLPP pada harga baru tahun 2020 lewat skema yang sama akan dilayani mulai tanggal 16 Maret 2020 serta diperlengkapi dengan surat pengakuan yang mengatakan jika keinginan/tagihan sarana KPR Sejahtera dari dana FLPP dengan ketetapan harga lama tahun 2019 yang diterima Bank Pelaksana sudah ditagihkan semuanya pada BLU PPDPP,” jelas Arief selanjutnya.

Baca Juga:

Jadi info, berdasar Ketetapan Menteri nomor 535 tahun 2019 mengenai batasan harga jual rumah sejahtera, pemerintah membagi harga atas 5 zone daerah yakni Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku sampai Papua dengan batasan harga paling rendah Rp140 juta sampai paling tinggi Rp219 juta untuk tahun 2019 serta 2020.

Pendistribusian FLPP 2020

Pada Tahun Budget 2020, pemerintah membagikan budget pertolongan pembiayaan perumahan sejumlah Rp11 triliun untuk 102.500 unit rumah berdasar Nota Keuangan.

Sesuai kesepakatan kerja sama operasional di antara PPDPP dengan Bank Pelaksana tahun 2020 ada 37 Bank Pelaksana penyalur dana FLPP yang terbagi dalam 10 Bank Nasional serta 27 Bank Pembangunan Wilayah.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *