Mengenal lebih dekat pesona pulau Belitung dan sejarahnya

Mengenal lebih dekat pesona pulau Belitung dan sejarahnya- , Pulau belitung merupakan salah satu pulau yang ada di pulau sumatera. Merupakan pulau yang terkenal setelah adanya film laskar pelangi yang sangat menginspirasi banyak orang. Film laskar pelangi ini bercerita mengenai perjuangan anak-anak untuk menggapai impian mereka dalam hal pendidikan. Walaupun banyak rintangan yang mereka hadapi untuk menggapai mimpi mereka tapi mereka tidak hilang semangat dan tetap berusahauntuk menggapai impian mereka. Ini merupakan semangat yang patut untuk dicontoh oleh pemuda jaman sekarang. Berbicara mengenai pulau belitung maka kita pun tak boleh melupakan tentang sejarah dari pulau belitung ini. Lalu bagaimana sejarah dari pulau belitung ini ? Anda ingin tahu ? Yuk, kita lihat bersama-sama.

pesona pulau Belitung
pesona pulau Belitung

 

Belitung merupakan salah satu daerah yang merupakan daerah kepulauan yang mengalami beberapa pemerintahan raja-rajayang silih berganti. Pada akhir abad ke 7, belitung termasuk dalam daerah kekuasaan kerajaan sriwijaya. Kemudian ketika kerajaan majapahit mulai berjaya, pulau ini pun menjadi salah satu benteng pertahanan laut kerajaan tersebut. Baru pada abad ke 15, belitung pun mendapatkan hak-hak pemerintahannya. Tetapi hal tersebut tidak lama, karena ketika palembang telah diperintah oleh cakradiningrat II, pulau ini pun segera menjadiDaerah taklukan palembang. Sebenarnya sejak abad ke 15 sendiri, di belitung telah berdiri sebuah kerajaan dengan nama yakni kerajaan badau. Dengan datuk mayang geresik sebagai raja pertama dari kerajaan badau ini. Wilayah kekuasaan dari kerajaan badau ini meliputi daerah badau, ibul,  bange, bentaian, simpang tiga, bahkan daerah yang dikuasai oleh kerajaan sampai jarak yang jauh sampai buding, manggar danjuga gantung.
baca juga : https://www.wisatabelitung.co.id/paket-wisata-belitung-3-hari-2-malam-3d2n-reguler/

Beberapa peninggalan dari kerajaan badau diantaranya adalah tombak berlok 13, keris, pedang, gong, dan banyak peninggalan sejarah yang lainnya. Penemuan-penemuan benda tersebut dapat anda lihat secara langsung di museum badau yang ada di pulau belitung. Kerajaan kedua adalah kerajaan balok, yang rajanya berasal dari keturunan bangsawan jawa dari kerajaan mataram islam bernama kiai agusmasud. Kerajaan ketiga adalah kerajaan belantu, yang merupakan bagian wilayah ngabehi kerajaan balok, raja pertama dari kerajaan ini adalah datuk ahmad. Dan pada masa sekarang pulau belitung bersama dengan pulau bangka memekarkan diri dan membentuk satu provinsi baru dengan nama provinsi kepulauan bangka belitung. Dan provinsi ini merupakan provinsi ke tiga puluh satu di indonesia. Bagaimana tertarik untukmengunjungi bangka belitung ?
baca juga :  https://www.wisatabelitung.co.id/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *