Manfaat Tanaman Pohon Pule

Manfaat Tanaman Pohon Pule –¬†Pule merupakan salah satu tanaman obat karena tanaman ini sudah sejak lama dijadikan sebagai tanaman obat untuk mengobatii berbagai penyakit. Batang tanaman pule berwarna cokelat abu-abu dan apabila dilukai akan mengeluarkan cairan yang berwarna kuning.

Pohon Pule

Tanaman ini memiliki buah yang berwarna hijau ketika masih dan muda dan akan berubah warna menjadi abu-abu ketika sudah tua. Biji pada buah pule berbentuk putih dan bulat sedangkan akar tanaman ini memiliki warna kuning muda. Selain itu, tanaman pule kini telah menjadi tanaman hias yang difavoritkan oleh banyak orang. Pule juga bisa digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah rumah mewah, hotel, restaurant, dan sebagainya.

Kandungan Tanaman Pule

Pule memiliki rasa yang sangat pahit. Tanaman pule mengandung beberapa bahan kimia antara lain, yaitu alkaloid, tanin, ektanin (ditamin), ekitamidin dan ekitanin. Daunnya mengandung pikrinin, sedangkan bunga pule memiliki kandungan asam ursolat dan lupeloi.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Pucuk Merah

Efek farmokologis pule diantaranya, yaitu antipiretik, anti demam, anti malaria, anti hipertensi, antiandenergik, dan juga melancarkan saluran darah.

Penyakit yang dapat disembuhkan tanaman pule dan cara penggunaannya :

  • Demam

Cuci 10 gram kulit batang tanaman pule, kemudian rebus dengan 3 gelas air sekitar 15 menit. Minim air rebusan secara rutin 1 kali sehari.

  • Hipertensi

Cuci 10 gram kulit batang tanaman pule, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minu air rebusan secara rutin 1 kali sehari.

  • Koreng kotor, bisul, koreng dan borok

Tumbuh halus daun pulai yang sudha kering, kemudian taburkan pada luka. Sebelum akan ditaburkan, bersihkan luka anda dengan alcohol 70% terlebih dahulu.

  • Sifilis, beri-beri, sakit usus, cacingan, malaria, diabetes, dan disentri

Cucilah 16 lembar daun pule, kemudian rebus dengan air bersih. Minum air rebusan 1 kali sehari pada pagi hari hingga sembuh.

Demikian manfaat manfaat yang bisa anda dapatkan dari pohon pule seperti yang saya jelaskan di atas. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin membeli tanaman ini bisa langsung mencarinya di internet.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *