Manfaat Mendongeng untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Mendongeng untuk Tumbuh Kembang Anak

Bunda tentu telah ketahui berartinya membangun kerutinan membaca pada anak semenjak dini guna mendukung perkembangan fisik. Ya, lewat cerita ataupun dongeng, sang kecil dapat belajar tentang perihal di sekelilingnya. Ini dapat jadi metode unik buat membangun uraian sang kecil tentang gimana metode menghargai serta menghormati orang lain, dan pula mendesak sang kecil buat berlagak positif dikala mengalami perbandingan.

Menyadari banyaknya khasiat mendongeng buat berkembang kembang anak serta dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Nestlé Dancow meluncurkan kompilasi 15 cerita rakyat terkini Dongeng Saya Serta Kau yang ialah kelanjutan inisiatif yang diawali pada tahun 2019 guna menunjang para orangtua di Indonesia dalam membagikan stimulasi yang pas untuk kanak- kanak lewat bermacam aktivitas yang mengasyikkan serta interaktif semacam mendongeng.

Peluncuran Dongeng Saya serta Kau

Peluncuran novel Dongeng Saya serta Kau diadakan pada Selasa( 21/ 7/ 2020) jam 13. 00- 14. 00.

Rangkaian kegiatan ini dipimpin oleh Sophia Tobing bagaikan moderator serta dibuka oleh Ganesan Ampalavanar bagaikan Presiden Direktur Nestlé Indonesia yang menekankan komitmen Nestlé Indonesia buat menunjang berkembang kembang maksimal tiap anak Indonesia dengan nutrisi, stimulasi, serta cinta Bapak Ibu.

Kegiatan ini pula diisi dengan serangkaian kegiatan bersama Dra. Ratih Ibrahim, Meter. Meter., Psikolog Klinis, Pritha bagaikan Marketing Manager Nestlé Dancow, Meisya Siregar, Intan Nuaraini, dan Ariyo Zidni bagaikan Pendongeng serta Co- Founder Komunitas Mari Dongeng Indonesia.

Khasiat Mendongeng buat Berkembang Kembang Anak

Dari rangkaian kegiatan tersebut, para narasumber memberikan tentang bermacam khasiat dongeng yang berarti dikenal oleh orang tua. Ikuti ayo sebagian khasiat mendongeng buat berkembang kembang anak berikut ini, semacam yang dipaparkan oleh Dra. Ratih Ibrahim, Meter. Meter., Psikolog Klinis.

Aspek Motorik

Yakin tidak Bu, khasiat mendongeng sangat bagus lho buat motorik sang kecil. Motorik halusnya terasah dikala sang kecil turut membolak- balikkan taman novel dongeng serta menelusuri foto. Aspek motorik kasarnya juga bisa distimulasi dengan mengajak sang kecil bergerak menjajaki gerakan kepribadian yang terdapat di dongeng.

Aspek Kognitif

Khasiat mendongeng berikutnya pengaruhi aspek kognitif sang kecil. Dikala kita membacakan dongeng buat anak, dia dipadati rasa mau ketahui. Perihal ini hendak tingkatkan keahlian buat membongkar permasalahan, berpikir kritis, energi imajinasinya tumbuh, serta meningkatkan atensi baca.

Aspek Sosialisasi

Interaksi yang terjalin antara Bapak, Bunda, serta anak dikala mendongeng bisa mempererat bonding. Tidak hanya itu, lewat cerita dongeng, pertumbuhan kecerdasan emosional sang kecil pula kian terstimulasi. Sang kecil pula hendak menguasai wajar sosial, mana yang baik, mana yang burung, yang boleh, serta tidak boleh. Lebih jauh lagi, anak pula belajar buat mengekspresikan perasaan serta berempati.

Aspek Bahasa

Tidak cuma itu saja, pertumbuhan aspek bahasa sang kecil pula kian tumbuh. Khasiat mendongeng yang satu ini tentu disukai oleh Bunda sebab sang kecil terstimulasi buat bicara, uraian kosa katanya juga bertambah. Dengan demikian, sang kecil dapat jadi lebih pintar buat berbicara.

Aspek Kesehatan

Sang kecil pula dapat belajar tentang kesehatan lewat dongeng lho. Misalnya, belajar tentang nilai- nilai baik, sikap hidup sehat, serta pola hidup sehat dari dongeng.

Banyak sekali ya khasiat mendongeng buat anak? Bila kelima aspek tersebut tumbuh dengan maksimal, ini bisa jadi fondasi yang kokoh untuk anak di masa mendatang lho.

Metode Mendongeng Kreatif Supaya Sang Kecil Kian Tertarik

Tidak dapat dipungkiri, sebagian dari kita bisa jadi sempat merasa menyerah buat membangun kerutinan mendongeng buat anak. Sebabnya tidak lain sebab kita merasa sang kecil tidak dapat fokus serta tidak tertarik dikala kita bacakan dongeng. Sementara itu, bagi Ariyo Zidni bagaikan Pendongeng serta Co- Founder Komunitas Mari Dongeng Indonesia, ini dapat diakali lho dengan usaha buat dapat lebih kreatif lagi dikala mendongeng.

Ingin ketahui metode kreatif mendongeng apa saja yang dapat kita jalani? Ikuti ayo trik yang dipaparkan oleh Ariyo Zidni ataupun lebih diketahui dengan panggilan Kak Aio berikut ini.

Read Aloud

Walaupun dongeng itu simpel, Bunda dapat menjadikannya lebih seru buat anak dengan tata cara Read Aloud. Dikala mendongeng, Bunda dapat membagikan bermacam suara khas buat tiap kepribadian, membagikan ekspresi yang ekspresif dikala mendongeng, serta meniru gerakan kepribadian yang terdapat di dongeng.

Bunda pula boleh mangulas hal- hal lain di luar cerita dongeng lho, misalnya, mangulas foto, wujudnya kepribadian, corak foto, serta lain sebagainya. Perihal ini pasti hendak menaikkan kosa kata serta tingkatkan keahlian bahasa.

Dongeng Kreasi

Supaya tahap mendongeng buat anak kian menarik, Bunda dapat berkreasi dengan alat- alat simpel. Misalnya, membuat topeng- topengan yang wujudnya menyamai kepribadian di dongeng, ataupun membuat puppet finger.

Dongeng Seru

Dengan memakai perlengkapan yang terdapat di rumah, Bunda pula dapat menghasilkan dongeng seru supaya anak kian betah mendengar dongeng yang Bunda ceritakan. Misalnya, pakai tutup gelas buat menggambarkan matahari, vas bunga berisi bunga- bunga buat menggambarkan hutan, serta lain sebagainya.

Dongeng Baru

Berhubung saat ini seluruhnya serba digital, Bunda pula dapat mendongeng lewat media augmented reality serta video animasi. Tetapi ingat, Bunda senantiasa wajib mendampingi serta menghalangi screen time sang kecil, ya.

Keren banget ya trik- triknya? Tidak terdapat salahnya lho bila Bunda mau mengaplikasikannya pula dikala mendongeng buat sang kecil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *