Inilah Faktor Penyebab Nilai Anting Berlian Rusak dan Turun

Inilah Faktor Penyebab Nilai Anting Berlian Rusak dan Turun

Meskipun anting berlian yang dibeli dari toko perhiasan dianggap sebagai barang mewah oleh semua orang. Namun sebenarnya tidak ada masalah jika Anda ingin menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya saja saat pergi ke kantor, hangout, dll.

Umumnya anting berlian yang paling sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari itu modelnya sederhana. Salah satunya modelnya diikat dengan logam emas. Namun meskipun anting berlian ini bisa digunakan untuk kegiatan harian, tetap saja Anda harus hati-hati saat menggunakannya.

Anda harus tetap menjaganya dengan benar seperti halnya menjaga barang berharga pada umumnya. Karena sangat disayangkan bila Anda sudah membelinya mahal dari toko perhiasan namun ternyata saat dibutuhkan harganya justru turun karena kesalahan perawatan. Maka simak penjelasan berikut ini supaya nilainya tidak rusak.

Faktor Penyebab Nilai Anting Berlian Rusak

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan nilai berlian menjadi turun dan rusak. Sayangnya faktor penyebabnya jarang disadari berasal dari kebiasaan yang salah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, hindari faktor penyebab berkurangnya nilai berlian di bawah ini jika ingin kualitasnya tetap terjamin:

  1. Salah satu faktor yang menyebabkan nilai jualnya turun adalah klorin. Klorin ini umumnya dapat ditemukan pada air kolam renang. Maka sebaiknya jangan memakai anting berlian bila ingin berenang supaya tidak turun nilainya. Karena klorin bisa bereaksi terhadap emas yang dipakai untuk mengikat berlian. 
  2. Untuk membuat nilai anting berlian tidak turun atau rusak, sebaiknya jangan sampai terkena bahan kimia. Misalnya saja seperti kosmetik, lotion, parfum, serta skin care yang lain. Karena bahan-bahan kimia tersebut dapat meninggalkan residu pada permukaan anting berlian dan menyebabkan kilauannya redup dan warnanya memudar.
  3. Faktor penyebab lainnya yang membuat nilainya rusak adalah karena ada gesekan dan benturan dengan benda lain. Meskipun berlian termasuk batu permata yang keras, namun bukannya tidak mungkin bila perhiasan ini dapat tergores dan cacat karena terjadi gesekan.

Penyebab Nilai Anting Berlian Turun

Semua orang tahu anting berlian nilai jualnya tinggi karena memiliki daya tahan yang baik dan sangat indah. Namun ternyata meskipun begitu nilainya bisa turun karena banyak hal. Biasanya saat Anda menemukan beberapa hal di bawah ini, harganya bisa lebih murah. Berikut ini penyebab nilainya turun!

  1. Penyebab Anda bisa mendapatkan harga murah saat membeli anting berlian adalah iklusinya terlihat jelas. Seperti yang diketahui bila berlian mempunyai tingkatan kejernihan berdasarkan kejelasan inklusinya. Kejelasan inklusinya bisa dicek lewat mata telanjang atau alat pembesar.
  2. Nilai anting berlian juga bisa menjadi lebih murah bila ada permukaan yang tergores dan retak. Nilainya bisa turun langsung berdasarkan besaran goresan atau retakannya. Itu karena cara memperbaiki anting berlian hanya bisa dilakukan dengan membuang bagian yang rusak. Otomatis ukuran berliannya menjadi semakin kecil.
  3. Nilai berlian juga bisa lebih rendah bila warnanya kekuningan. Berlian yang bagus itu hampir tidak berwarna dan harus jernih. Bila warnanya kekuningan, harganya juga berbeda dengan yang bening. Selain itu, potongan anting berlian yang tidak proporsional juga mempengaruhi nilainya. Jadi perhatikan hal ini sebelum membelinya.

Jadi sebelum membelinya, sebaiknya cari tahu juga bagaimana cara penyimpanan dan apa saja yang mempengaruhi nilainya. Sehingga Anda bisa memastikan nilainya tidak akan turun setelah dibeli karena tahu bagaimana cara menjaganya dengan benar. Dengan begitu, Anda tidak akan salah memilih anting berlian dan jagalah dengan baik agar nilai anting berlian tidak turun.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *