Hubungan Saling Tergantung

lingkarberita.com Merupakan media online yang mempunyai visi “Media Informasi Terpercaya”. Dengan misi menyediakan informasi terbaru seputar dunia teknologi, gadget, smartphone, social media, komputer dan seputar teknologi Politik Olahraga Sosial dan lainnya yang di himpun dari berbagai sumber yang bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan. mempunyai pengalaman lebih dari 2 tahun di dunia teknologi dan Informasi

Salah satu manfaat terbesar dari memiliki persahabatan dekat adalah bahwa teman-teman kita dapat mendukung dan membantu kita ketika segala sesuatunya menjadi sulit dalam hidup kita.
Sebagai imbalan atas dukungan yang diberikan teman-teman kita selama krisis, kebanyakan dari kita juga membantu teman-teman kita ketika mereka membutuhkannya.
Dalam hubungan antara dua orang dewasa yang sehat secara emosional, peran memberi dan menerima bantuan seimbang. Kedua orang menawarkan bantuan dan menerima bantuan satu sama lain dalam jumlah yang kira-kira sama.
Namun, ada beberapa orang yang selalu mengambil peran sebagai penolong, tidak peduli apa hubungan mereka.
Orang-orang ini memiliki persahabatan yang berfokus secara eksklusif pada upaya memecahkan masalah teman-teman mereka. Kami terkadang menyebut kualitas ini sebagai “co-dependency”, dan kami dapat memberi label orang yang terobsesi untuk membantu orang lain “co-dependen”.
Seseorang yang co-dependen akan cenderung memiliki hubungan dengan orang-orang yang memiliki banyak masalah – emosional, sosial, keluarga dan keuangan. Orang yang hidup berdampingan dapat menghabiskan banyak waktu, uang, dan energi mereka sendiri untuk membantu orang lain yang memiliki masalah, sementara mengabaikan masalah dalam hidup mereka sendiri.
Mengapa seseorang menjadi tergantung?
Seseorang yang tergantung pada dirinya sendiri sering menderita perasaan tidak berharga dan kecemasan yang mendalam, dan mencoba untuk mendapatkan rasa harga diri dengan membantu atau menyelamatkan orang lain. Seseorang yang saling tergantung mungkin tidak tahu bagaimana untuk bersantai dan merasa nyaman dalam persahabatan di mana kedua orang sama dan hubungan didasarkan pada menikmati perusahaan satu sama lain.
Orang yang tergantung pada orang lain bahkan mungkin merasa cemas jika seseorang yang telah mereka bantu menata kehidupan mereka dan tidak lagi menginginkan bantuan mereka. Orang yang bergantung pada rekannya mungkin segera mencari-cari orang lain yang dapat mereka “selamatkan”.
Jika Anda sering mengambil peran membantu orang-orang yang adalah teman Anda, bagaimana Anda bisa tahu apakah Anda bertindak berdasarkan kebaikan hati dan kepedulian, atau apakah perilaku Anda sebenarnya adalah ketergantungan bersama? Tidak ada garis keras dan cepat di antara keduanya.
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri Anda sendiri untuk melihat apakah perilaku “membantu” Anda sebenarnya adalah ketergantungan bersama:
– Apakah Anda kesulitan mengatakan tidak kepada orang lain, bahkan ketika Anda sangat sibuk, bangkrut secara finansial, atau benar-benar kelelahan?
– Apakah Anda selalu mengorbankan kebutuhan Anda sendiri untuk orang lain?
– Apakah Anda merasa lebih layak sebagai manusia karena Anda telah mengambil peran membantu?
– Jika Anda berhenti membantu teman-teman Anda, apakah Anda akan merasa bersalah atau tidak berharga?
– Apakah Anda tahu bagaimana berada dalam persahabatan yang tidak berputar di sekitar Anda menjadi “penolong”?
– Jika teman Anda pada akhirnya tidak membutuhkan bantuan Anda, apakah Anda akan tetap berteman dengan mereka? Atau apakah Anda mencari orang lain untuk membantu?
– Apakah Anda merasa kesal ketika orang lain tidak cukup berterima kasih kepada Anda atas upaya Anda menyelamatkan mereka atau memperbaiki kehidupan mereka?
– Apakah Anda kadang-kadang merasa lebih sebagai pekerja sosial daripada teman dalam hubungan Anda?
– Apakah Anda merasa tidak nyaman menerima bantuan dari orang lain? Apakah peran membantu orang lain jauh lebih alami untuk Anda mainkan dalam hubungan Anda?
– Apakah sepertinya banyak teman Anda memiliki kehidupan yang kacau, dengan satu krisis demi krisis?
– Apakah Anda tumbuh dalam keluarga yang memiliki banyak kekacauan emosional atau masalah kecanduan?
– Apakah banyak teman Anda yang kecanduan, atau apakah mereka memiliki masalah emosional dan sosial yang serius?
– Ketika Anda tumbuh dewasa, apakah Anda pikir itu terserah Anda untuk menjaga keluarga berfungsi?
– Sebagai orang dewasa, apakah penting bagi Anda untuk dianggap sebagai “orang yang dapat diandalkan”?
Jika Anda menjawab “ya” untuk banyak pertanyaan ini, Anda mungkin memang memiliki masalah dengan ketergantungan bersama.
Ini tidak berarti bahwa Anda adalah orang yang cacat.
Ini berarti bahwa Anda menghabiskan banyak energi untuk orang lain dan sangat sedikit untuk diri sendiri.
Jika tampaknya banyak pertemanan Anda didasarkan pada perilaku penyelamatan yang tergantung pada orang lain, bukan karena saling menyukai dan menghormati di antara yang sederajat, Anda mungkin ingin mundur dan memikirkan kembali peran Anda dalam hubungan.
Jika Anda mencurigai bahwa perilaku membantu Anda adalah bentuk ketergantungan bersama, terapis atau konselor yang baik dapat membantu Anda mendapatkan perspektif tentang tindakan Anda dan mempelajari cara yang lebih seimbang dalam berhubungan dengan orang lain.
Ada banyak buku bagus yang tersedia tentang masalah ketergantungan bersama. Kelompok pendukung seperti Al-Anon juga dapat membantu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *