Fibroid Rahim—Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Fibroid Rahim—Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Terakhir penyakit fibroid rahim kembali banyak dibicarakan oleh orang-orang. Sejak salah seseorang tokoh artis lokal terkenal dapat dibuktikan alami problem ini, serta disangka juga kalau fibroid yang dideritanya jadi penyebabnya tokoh itu susah untuk hamil baca juga

Apa sesungguhnya fibroid rahim itu? Apa dampak dari penyakit ini pada kesehatan, dan apa sajakah tandanya? Juga, bagaimana perlakuan yang pas untuk menangani fibroid rahim?

Apa Sesungguhnya Fibroid Rahim Itu?

Fibroid rahim yaitu satu diantara type tumor yang paling banyak berlangsung pada wanita. Diprediksikan 3 dari 4 wanita paling tidak sempat alami problem ini sekali dalam kehidupan mereka. Cuma saja keadaan itu berhasil terselesaikan dengan sendirinya, bahkan juga sebelumnya menyebabkan problem.

Dari data yang ditulis medicalnewstoday. com, paling tidak 30% wanita didunia dalam umur subur mempunyai problem pada peranan kandungannya, serta itu terkait dengan perkembangan fibroid pada rahim mereka.

Persentase yang cukup besar, tapi tenang saja, karna problem ini sesungguhnya kurang beresiko. Bahkan juga realtif kecil peluangnya untuk fibroid rahim untuk lalu berkembang jadi kanker. Cuma fibroid yang memiliki ukuran besar saja yang bisa berkembang jadi beberapa problem pada ruang perut, serta itu tidak sering berlangsung.

Menurut sumber medicinenet. com fibroid rahim, yang umum dimaksud dengan miom rahim, yaitu perkembangan abnormal dari sel dinding rahim yang menyebabkan terjadinya pembengkakan atau massa tonjolan.

Massa tonjolan pada rahim ini terjadi dari sel yang sama juga dengan sel pembentuk dinding rahim atau myiometrium. Umumnya sedikit merasa kenyal serta padat dengan bentuk agak bulat.

Massa dapat terjadi pada bagian luar otot serta menempel pada membran otot pembentuk rahim, yang dimaksud dengan subserosal fibroid. Fibroid ini juga akan terjadi diluar kantung serta menempel pada bagian luar dari dinding rahim. Saat tonjolan jadi membesar, desakan yang diakibatkan malah lebih merasa pada ruang luar rahim, termasuk juga ruang pencernaan dan saluran kemih.

Massa dapat juga terjadi pada bagian tengah dari jaringan susunan dinding rahim, yang dimaksud intramural fibroid. Fibroid ini terkadang tidak terdeteksi dengan terang bila ukurannya kecil karna tersembunyi dalam susunan dinding rahim.

Fibroid beda terkadang keluar pada ruang serviks, yang di kenal jadi serviks fibroid. Paling akhir, fibroid dapat juga terjadi pada dinding susunan dalam kantung rahim. Tempatnya pas didalam lubang rahim serta menonjol terang. Type fibroid yang dimaksud submucosal fibroid ini di kenal dapat jadi membesar serta mengakibatkan lubang rahim menyempit.

Apa Penyebabnya Fibroid Rahim?

Belumlah ada kejelasan tentang apa sesungguhnya penyebabnya fibroid rahim pada orang wanita. Beberapa pakar kesehatan cuma setuju kalau wanita di umur subur relatif lebih berisiko menderita fibroid rahim daripada wanita di umur yang lain.

Beberapa pakar masih tetap memperdebatkan ada ketidakannormalan anomali genetik atau efek dari aliran darah yg tidak normal jadi penyebabnya terjadinya fibroid. Ada kisah keloid juga disangka jadi penyebab pembentukan fibroid.

Sebagian pakar beda juga mengira kalau ini ada hubungannya dengan alur makan, kandungan protein spesifik dari makanan yang menyebabkan proliferasi atau perkembangan yang terlalu berlebih. Ada pula yang menyebutkan kalau orang dari ras kulit berwarna (bukanlah kulit putih) mempunyai kecenderungan lebih gampang alami miom atau fibroid ini. Diluar itu, mengkonsumsi alkohol juga diindikasikan jadi penyebab miom.

Aspek dampak estrogen pada pembentukan fibroid di rahim juga butuh diperhitungkan. Itu penyebabnya mereka yang alami haid sebelumnya umur 10 th. mempunyai resiko semakin besar alami fibroid rahim.

Sebagian wanita hamil dijumpai alami pembesaran fibroid pada trimester pertama kehamilan mereka. Serta dengan bertahap fibroid mengecil bersamaan dengan perubahan janin, sampai pada akhirnya luruh berbarengan dengan sistem persalinan.

Resiko teratas wanita untuk menderita fibroid rahim yaitu pada umur subur. Sekitaran 80% masalah berlangsung pada wanita diantara umur 20 – 50 th., di mana kandungan estrogen pada badan mereka relatif tinggi. Terkadang fibroid ini selalu berada di dalam rahim mereka sepanjang badannya tetap dalam masa subur.

Mereka yang alami fibroid rahim menahun sangat mungkin saja mengecil ukuran fibroidnya, bahkan juga sampai menghilang, berbarengan dengan datangnya masa menopause karena turunnya kandungan estrogen pada badan mereka.

Seperti Apa Tanda Fibroid Rahim?

Perkembangan fibroid pada ruang rahim ini menyebabkan beberapa tanda ciri khas yang mengakibatkan penderitanya juga akan rasakan beberapa sinyal tanda. Gejala-gejala firboid rahim itu diantaranya :

Menstruasi dengan keluarnya darah yang terlalu berlebih.

Nyeri haid yang berat

Nyeri di ruang panggul, pinggang, sampai kaki sisi atas waktu haid

Seringkali sembelit (konstipasi)

Perut membuncit, terkadang dapat tampak tidak simetris

Terkadang keluar linu atau rasa tertekan pada perut saat tidak haid

Seringkali pipis serta keluar rasa menginginkan pipis dengan mendadak

Keluar rasa nyeri waktu terkait intim

Terkecuali beberapa tanda firboid rahim diatas, pasien juga umumnya juga akan alami masalah pada kesuburan mereka, termasuk juga susah hamil, gampang keguguran, perlekatan janin yang sangat rendah, serta beda sebagainya.

Apa Dampak Fibroid Rahim untuk Kesehatan?

Pada intinya, fibroid rahim tidak beresiko serta bahkan juga tidak mengakibatkan rusaknya pada beberapa sel seperti pada kanker. Fibroid rahim juga tidak membahayakan kehidupan. Kehadirannya lebih karna jadi efek tingginya kandungan estrogen pada badan hingga menyebabkan beberapa sel rahim untuk tumbuh dengan agresif.

Cuma saja, pembesaran fibroid pada rahim juga akan menekan rahim. Ini menghambat terjadinya sistem pembuahan, juga menghambat sel telur untuk menempel pada dinding rahim.

Pembesaran itu dapat juga buat ke-2 bagian dinding rahim berjumpa serta juga akan menyebabkan terjadinya perlekatan dinding rahim. Apabila dinding rahim telah menempel, pasti bisa merubah kesuburan seseorang wanita. Pembesaran dapat juga menyebabkan perdarahan pada saat haid atau hemmoroid.

Desakan dari fibroid dapat juga ke arah luar rahim, termasuk juga ke ruang pencernaan serta ruang saluran pipis. Ini menyebabkan sumbatan serta desakan yang mengganggu peranan organ di sekelilingnya.

Bagaimana Langkah Menangani Fibroid Rahim?

Ada kaitan erat pada estrogen serta beberapa ketidakwajaran dalam rahim yang menyebabkan terjadinya fibroid. Itu penyebabnya langkah menangani fibroid rahim bisa difokuskan pada usaha untuk menormalkan kembali keadaan didalam rahim. Cara-cara menangani fibroid rahim diantaranya :

Kontrasepsi (Pil KB)

Karna ada dampak estrogen yang kuat dalam perkembangan fibroid, jadi pasien bisa lakukan terapi kontrasepsi dengan meminum pil KB untuk mengatur kandungan estrogen pada badan. Umumnya diambil type pil KB yang didominasi oleh kandungan progestin tinggi untuk mengatur ulang peranan ovulasi dan mengatur penebalan dinding rahim mendekati masa ovulasi.

 

Levonorgestrel Intrauterine Sistem (LNG-IUS)

Ini yaitu seperti alat dari plastik yang dimasukkan kedalam rahim untuk melepas hormon levonorgestrel ke rahim. Hormon ini juga akan bekerja mengikuti langkah progesteron menetralisir kandungan estrogen. Hormon ini menolong mengatur peranan ovulasi dan menormalkan kembali pembentukan dinding endometrium.

 

Gonadotropin Releasing Hormone (GnRH)

Ini yaitu therapy penyembuhan yang bekerja jadi anti estrogen hingga bisa dengan efisien turunkan kandungan estrogen pada badan. Langkah tersebut efisien untuk mengecilkan ukuran fibroid, juga untuk menangani beberapa gejala fibroid rahim yang mengganggu penderitanya.

 

Asam Traneksamat

Ini yaitu therapy penyembuhan yang turunkan intensitas aliran darah menuju rahim dan turunkan intensitas pendarahan haid. Therapy seperti ini umumnya diberi pada pasien yang masih tetap menginginkan hamil. Tapi waspadailah baik resikonya koagulan atau pembekuan darah yang umum berlangsung karena therapy ini.

Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drug (NSAID)

Therapy ini sering diberi jadi pertolongan untuk meredakan yang dirasakan nyeri perut pada masa-masa menstruasi. Pada intinya therapy ini cuma menolong menangani nyeri namun tidak menangani problem fibroid tersebut.

Therapy Progestin

Therapy progestin yaitu progesteron buatan yang juga akan menolong menghimpit dampak dominasi estrogen didalam rahim. Therapy ini bekerja efisien menormalkan tidak seimbangan kandungan hormon, juga menolong menghimpit perkembangan fibroid rahim. Therapy dapat diberi dengan oral ataupun berbentuk suntikan.

Ulipristal Acetate

Ini yaitu satu cara baru untuk menangani fibroid rahim. Menurut Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutic th. 2012, ulipristal acetate ini bekerja jadi modulator reseptor progesteron yang juga akan menolong sistem reaksi badan pada progesteron. Cara ini menolong tingkatkan peranan progesteron pada badan hingga bisa menghindar kehamilan serta menghimpit pembentukan fibroid.

Terkecuali dengan therapy penyembuhan, dokter mungkin saja akan merekomendasikan langkah menangani fibroid rahim lewat jalan operasi bedah. Aksi ini dikerjakan apabila therapy obat di rasa tidak cukup ampuh menangani fibroid rahim.

Namun umumnya therapy obat juga tetaplah diberi bersamaan aksi operasi dikerjakan. Sebagian aksi operasi standard untuk perlakuan fibroid rahim diantaranya :

Histeroskopi

Bedah kecil dengan memasukkan alat sama selang lewat vagina untuk menjangkau rahim. Dengan system remote, fibroid yang ada dalam rahim juga akan diangkat lewat prosedur tanpa ada sayatan serta luka terbuka.

Cryotherapy

Aksi ini agak serupa dengan histeroskopi, namun disini, titik-titik fibroid juga akan disemprotkan dengan gas bersuhu begitu rendah sampai menjangkau suhu -160 derajat C. Jaringan fibroid yang beku semakin lebih gampang diangkat dengan gampang tanpa ada tersisa luka pada ruang rahim.

Miomektomi

Aksi pembedahan ini dengan segera mengangkat jaringan–jaringan fibroid yang keluar di rahim. Operasi ini tetaplah sangat mungkin pasien untuk dapat hamil kembali saat operasi.

Histerektomi

Ini yaitu aksi pengangkatan semua atau beberapa rahim. Walau prosedur ini tidak senantiasa dianjurkan, karna biasanya fibroid tidak mematikan serta beresiko. Namun bila perubahan fibroid telah terlalu berlebih serta begitu besar, di kuatirkan dapat menyebabkan perdarahan serta desakan yang cukup menyakitkan. Histerektomi juga akan buat pasien akan tidak dapat hamil sekali lagi.

Embolisasi Arteri Rahim

Aksi ini dikerjakan dengan menembakkan radiasi ke arah pembuluh arteri menuju rahim. Ini juga akan membuat sumbatan yang menghambat aliran darah menuju fibroid. Aksi ini mempunyai resiko hingga butuh dikerjakan oleh pakar radiologi spesial.

Ablasi Rahim

Dikerjakan lewat cara terkelupas dinding rahim memakai cahaya laser atau radiasi tingkat rendah. Namun dampaknya cuma bekerja pada fibroid yang ukurannya kecil serta yang keluar pada dinding rahim sisi dalam.

Langkah menangani fibroid rahim umumnya kurang cuma dengan satu prosedur. Bahkan juga mesipun fibroid sudah diangkat, tidak tutup peluang fibroid juga akan keluar kembali. Dibutuhkan therapy penyembuhan untuk menolong menangani pertumbuhannya dan menghindarnya untuk tumbuh kembali.

Jadi rangkuman dari artikel ini, kita telah tahu kalau fibroid rahim, yang dimaksud miom rahim, biasanya tidaklah penyakit yang beresiko. Beberapa wanita di umur subur yang mempunyai problem ini. Serta kerapkali ukuran fibroid kurang besar hingga menyebabkan problem susah hamil. Bahkan juga banyak masalah fibroid bisa mengecil serta menghilang dengan sendirinya, tanpa ada butuh perlakuan spesial.

Add a Comment

Your email address will not be published.