Cara Membersihkan Peralatan Makan Bayi Supaya Bebas Kuman & Bakteri

Bayi sangat rentan sekali terserang kuman dan bakteri, apalagi di fase fase oral dimana semua benda yang mereka pegang dan bisa raih akan dimasukan kedalam mulutnya.

Pengawasan orang tua super ketatpun terkadang kecolongan karena memang gerak bayi yang sudah berusia 6 sampai 8 bulan misalkan sangat cepat sekali.

Kondisi inilah yang terkadang membuat si bayi demam, karena ada bakteri yang masuk kedalam tubuhnya dari benda yang ia masukan kedalam mulut.

Selain itu, taukah bunda salah satu jalan masuknya kuman dan bakteri ini juga dari perlatan makan si bayi.

Kita tidak pernah tau apa yang terjadi pada alat makan bayi ketika sudah dibersihkan, bisa jadi ada lalat hijau yang hingggap disana dan meninggalkan bakteri jahat.

orami susu bayi lengkap

Maka dari itu tips yang akan kami share ini sangat penting bunda pahami sebagai salah satu cara menjaga kebersihan alat makan bayi supaya tetap steril tentu saja.

Merebus Alat Makan Bayi

Setelah anda beli alat makan bayi di toko perlengkapan bayi dimana saja seperti di orami shopping misalkan kami sarankan jangan hanya dicuci saja tapi merebusnya adalah cara yang paling baik dalam membunuh semua kuman yang mungkin ada pada perlatan makan tersebut.

Merebus alat makan dari bahan plastik juga tidak berbahaya, dimana akan memberikan efek semakin kuat dan kokoh perlatan makan tersebut selain itu untuk membunuh kuman yang ada disana jadi lebih aman, dan ini sangat jarang sekali dilakukan oleh semua orang tua di rumah kebanyakan kalau sudah beli langsung di cuci kemudian digunakan.

Proses perebusan ini tidak usah lama lama, cukup sampai mendidih saja suduh cukup ya minimal 10 sampai dengan 15 menit usahakan dengan posisi alat makan seperti sendok, mangkok dalam posisi tenggelam.

Menggunakan Cairan atau Alat Sterilisasi

Banyak sekali jenis alat sterilisasi wadah makan anak ini yang bisa bunda beli, baik berupa cairan streilisasi atau berupa alat uap. Dua duanya bagus dan bisa bunda gunakan salah satunya.

Kalau menggunakan cairan biasanya akan dicampur dengan air dingin, sedangkan kalau menggunakan alat modelnya seperti di oven jadi sendok, mangkuk dan lain sebagainya dimasukan kedalam alat tersebut.

Ini mirip dengan cara merebus sebenarnya tapi lebih praktis saja. Kemudian yang tidak kalah penting adalah bagaimana bunda menyimpak dengan rapat rapat perlatan makan si bayi pada suatu tempat sehingga bebas dari jangkauan semua jenis serangga, kemudian debu juga harus bebas dari debu.

Itulah beberapa cara sederhana dalam menjaga kebersihan alat makan bayi yang harus bunda perhatikan, sederhana memang tapi efeknya sangat bagus sekali dalam menjaga masuknya kuman ke dalam tubuh anak anda selamat mencoba ya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *