Baterai – Dari Laptop hingga Sepeda Motor

Apa yang akan Anda lakukan tanpa mereka? Serius, jika setiap baterai dari setiap jenis tiba-tiba dikeluarkan dari setiap hal yang dioperasikannya, apa yang akan kita lakukan? Nah sebelum lanjut baca Baterai – Dari Laptop hingga Sepeda Motor, bila anda punya passion dibidang teknologi, sebaiknya sering buka website Khasiat.co.id dan Fonotekno.com yang selalu up date berita teknologi.

Komputer laptop, tanpa diragukan lagi, adalah urat nadi banyak pebisnis saat ini. Portabel, nyaman, memungkinkan kita untuk bekerja sambil berlari dan melakukan lebih banyak bisnis. Baterai laptop sangat penting untuk menjaga sumber daya ini berfungsi sebagaimana mestinya.

Prekursor laptop seperti yang kita kenal sekarang diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1986 dan disebut “The PC Convertible”. Beratnya lima setengah kilogram dan harganya sekitar $3500.00.

Sebagai komputer laptop telah berevolusi, demikian juga baterai laptop.

• Jenis baterai pertama yang digunakan pada laptop adalah Nickel-Cadmium (NiCad). Ini masih dapat ditemukan di beberapa laptop lama. Umur mereka antara pengisian ulang adalah sekitar dua jam, namun, ini berkurang dengan setiap pengisian ulang. Juga, jika baterai laptop NiCad diisi terlalu lama, baterai dapat meledak.

• Jenis baterai laptop selanjutnya yang digunakan adalah Nickel-Metal Hydride (NiMH). Baterai laptop ini bertahan lebih lama dari baterai NiCad tetapi umur totalnya lebih pendek.

• Baterai laptop standar saat ini adalah baterai Li-ion. Selain ringan dan memiliki masa pakai yang lama, mereka juga dapat diisi secara acak dan tidak akan terlalu panas jika diisi terlalu lama. Menjadi lebih tipis, baterai Li-ion sangat ideal sebagai baterai notebook dan dapat bertahan antara 950 dan 1200 pengisian ulang.

Mungkin yang lebih penting bagi kehidupan bisnis kita dan juga kehidupan pribadi kita adalah ponsel. Ada juga tiga jenis baterai ponsel:

• Baterai Lithium-ion: ini adalah jenis baterai ponsel terbaru dan, meskipun memiliki keunggulan tertentu dibandingkan baterai NIMH dan NICD yang lebih lama, perawatan harus tetap dilakukan untuk memastikan kinerja terbaiknya. Misalnya, baterai lithium-ion baru harus “dikondisikan”. Apa artinya ini pada dasarnya adalah bahwa untuk tiga siklus pengisian pertama baterai, isi penuh baterai semalaman dan biarkan baterai terisi penuh sebelum mengisinya kembali. Ini akan meningkatkan masa pakai dan efektivitas baterai ponsel.

• Baterai NIMH: Baterai ini juga harus dikondisikan dengan cara yang sama seperti baterai Lithium-ion. Penting untuk diingat
pengisian daya yang berlebihan (yaitu: pada pengisi daya baterai selama lebih dari dua puluh empat jam) dapat merusak baterai ponsel ini.

• Baterai NICD: Ini adalah jenis baterai ponsel tertua dan, seperti halnya komputer laptop, kurang dapat diandalkan dibandingkan jenis yang lebih baru.

Oke, jadi kita tahu kita akan tenggelam tanpa laptop dan ponsel kita. Tapi bagaimana dengan mobilnya? Mobil juga memiliki baterai. Mungkin Anda mengendarai Harley Davidson – bukan tanpa baterai sepeda motor! Sangat menarik untuk memikirkan di mana kita akan berada jika “episode kejutan” yang disebutkan di atas terjadi. Kita tahu bahwa nenek moyang kita mengatasi tanpa baterai, tetapi bisakah kita?

Inilah tantangannya: Untuk satu hari penuh tinggalkan semua yang berisi baterai saja. Tidak mengemudi atau berkendara, tidak ada ponsel atau komputer, benar-benar “kehabisan baterai”. Di penghujung hari, Anda akan merasa tenang dan terpusat, benar-benar damai dengan lingkungan Anda atau merasa gugup, memanjat tembok.

Anda akan menjadi yang mana?

Add a Comment

Your email address will not be published.