8 Ciri Penuaan Kulit yang Sering Terabaikan

Penuaan kulit kerap kali ditunjukkan dengan beberapa jenis gejala yang sangat menonjol dan susah disembunyikan. Kebanyakan perempuan mulai menderita gejala penuaan sesudah berumur 25 tahun.

Bersamaan bertambahnya umur, kulit akan menderita kerusakan kolagen dan elastin di kulit. Ini menimbulkan gejala penuaan kulit menjadi nampak di permukaan kulit. Sehingga anda penting menjalankan perawatan dini untuk meminimalisir timbul gejala penuaan kulit itu.

Ada beberapa ciri penuaan kulit yang adakalanya tak anda sadari, diantaranya:

  1. Kulit kering

Salah satu ciri penuaan kulit yang pertama nampak ialah kulit menjadi kering. Ini menjadi ciri yang mulai dialami saat seorang perempuan merambah umur 25 tahun. Dengan bertambahnya umur, kulit kehilangan kelenjar minyak dan kekeringan menjadi tidak terhindari.

  1. Kulit kusam

Kulit yang kusam menjadi ciri umum yang lain yang adakalanya tak anda sadari. Bersamaan dengan bertambahnya umur, kulit menjurus kehilangan kilau alami. Alhasilnya, kulit menjadi nampak kusam dan terlihat tak bercahaya.

  1. Kerutan di sudut mata

Kerutan yang timbul di sudut luar mata membentuk seperti jejak kaki burung. Ini menjadi ciri penuaan yang lain yang pantas anda perhatikan. Saat anda telah menyadari timbulnya kerutan, anda mesti mulai memakai krim mata untuk memastikan kerutan itu kian tak menonjol.

  1. Garis-garis halus

Garis-garis halus umumnya mulai timbul sesudah umur 30. Bersamaan bertambahnya umur, dialami penyusutan kolagen dan elastin pada kulit yang menimbulkan garis-garis halus pada kulit. Garis-garis ini akan kian nampak bersamaan dengan bertambahnya umur bila tak diatasi.

  1. Keriput

Keriput adalah lipatan yang tercipta semua permukaan kulit waktu seseorang meningkat tua. Kebanyakan perempuan mulai memperoleh kerutan pada kulit mereka di umur 25 tahun. Tetapi beberapa aspek sepreti kerusakan akibat sinar matahari, dan kebiasaan gaya hidup yang tak sehat, seperti merokok dan minum alkohol, bisa menimbulkan penuaan dini.

  1. Kulit kendur

Keletihan pada kulit pun diduga sebagai bagian dari proses penuaan. Ini bisa diakibatkan oleh hilangnya elastin. Waspada akan ciri penuaan dini ini lantaran perawatan dini dapat menjadikan memperlambat timbulnya ciri penuaan.

  1. Bintik hitam

Pajanan sinar matahari jangka panjang menimbulkan bintik hitam yang menonjol di umur 30-an. Sebagian besar bintik ini tak berbahaya, tetapi bintik hitam ini akan mengganggu riasan anda.

  1. Pembesaran pori-pori wajah

Pori-pori yang kian membesar menjadi ciri penuaan yang sering kali tak anda sadari. Bersamaan dengan hilangnya kelenturan kulit, pori-pori condong melebar bila tak diatasi sejak dini. Pori-pori yang melebar pula rentan akan jerawat sehingga menganggu penampilan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *