3 Harga Kubah Masjid Paling Tua dan Bersejarah di Indonesia

3 Harga Kubah Masjid Paling Tua dan Bersejarah di Indonesia

3 Harga Kubah Masjid Paling Tua dan Bersejarah di Indonesia

 

Jika dilihat dari presentase keberadaan umat islam di Indonesia, maka bisa dibilang bahwa pembangunan masjid sudah dilakukan hampir di setiap sudut kota dan daerah di Indonesia. Oleh karena itu tentunya kita bisa lebih mudah untuk menemukan bangunan masjid. Tapi tentunya tidak semua masjid di Indonesia memiliki sejarah dan nilai budaya dibalik proses pembangunannya dan tentunya harga kubah masjid yang beraneka ragam. Contonya di Indonesia, ada beberapa bangunan masjid yang dianggap paling tua dan memiliki nilai sejarah yang tinggi karena dikatakan bahwa usia bangunan masjid tersebut sudah sekitar 400 sampai 700 tahun. Masjid-masjid tersebut diantaranya adalah:

  1. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal atau biasa juga disebut dengan masjid Darussalam dibangun pada tahun 1288 Masehi dan merupakan sebuah masjid yang terletak di Desa Pekuncen atau lebih tepatnya berlokasi di gerumbul Legok Kecamatan Pekuncen Banyumas, Jawa Tengah. Masjid Saka Tunggal ini berjarak kurang lebih 30 kilometer dari kota Purwokerto. Mengapa dinamakan Saka Tunggal?, hal tersebut karena tiang penyangga masjid ini dulunya hanya satu tiang. Itulah sebabnya dinamakan Saka Tunggal yang bisa berarti satu tiang. Menurut sumber terpercaya yaitu dari Bapak Sopani yang merupakan salah satu pengurus masjid tersebut, pilar tunggal (Saka tunggal) melambangkan bahwa Tuhan hanya satu yaitu Allah SWT.

  1. Masjid Wapauwe

Masjid yang terletak di Maluku ini diperkirakan dibangun pada tahun 1414 dan sekaligus dikenal juga sebagai masjid tertua dan paling bersejarah di Maluku. Keberadaan masjid ini menjadi sebuah bukti tentang sejarah Islam di Maluku pada masa silam. Pada masjid tersebut juga terdapat beberapa benda bersejarah seperti drum, kitab suci Alqur’an yang ditulis tangan, sifat skala batu yang beratnya mencapai 2,5 kilogram, logam hiasan, serta lukisan huruf arab di dinding masjid. Konon harga kubah masjid ini sangat murah sekali pada masa itu.

Meskipun umurnya sudah sangat tua, tapi masjid Wapauwe masih berdiri dengan kokoh sampai sekarang. Selain itu masyarakat sekitar juga masih menggunakan masjid tersebut sebagai tempat beribadah dan berdoa. Beberapa tambahan perlengkapan baru yang diberikan pada masjid Wapauwe antara lain tempat wudhu, karpet, kipas angin, serta listrik dan lampu untuk pencahayaan di dalam masjid.

  1. Masjid Agung Sunan Ampel

Masjid kuno yang didirikan pada tahun 1421 masehi ini terletak di bagian utara Kota Surabaya, Jawa Timur. Sejarah mengatakan bahwa masjid ini didirikan oleh Raden Mohammad Ali Rahmatullah atau biasanya dikenal dengan sebutan Sunan Ampel dengan dibantu oleh dua sahabat karibnya, Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji serta para santrinya. Selain mendirikan Masjid Ampel, Sunan Ampel juga mendirikan sebuah Pondok Pesantren Ampel yang jaraknya sekitar 2 kilometer ke arah Timur Jembatan Merah.

Selain ketiga masjid di atas, masih banyak juga bangunan masjid lain yang berusia tua dan juga bersejarah di Indonesia seperti Masjid Agung Demak, Masjid Sultan Suriansyah, Masjid M enara Kudus, Masjid Agung Banten, dan masih banyak lagi lainnya tentunya dengan harga kubah masjid yang terjangkau.

Add a Comment

Your email address will not be published.