Wisata Kuliner Belitung, 7 Kedai yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Wisata Kuliner Belitung, 7 Kedai yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Ke Belitung, jangan hanya main di pantai-pantainya saja. Karena, kepulauan ini bukan hanya populer wisatanya saja. Tetapi Belitung mempunyai beragam kuliner khas yang patut anda coba. Berikut ini ada 7 kedai yang menjual makanan khas dan tak pernah sepi pengunjung.

Mie Atep belitungWisata Kuliner Belitung, 7 Kedai yang Tak Pernah Sepi Pengunjung
Mie Atep belitungWisata Kuliner Belitung, 7 Kedai yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

 

  1. Mie Belitung Atep

Salah satu makanan khas negeri Laskar Pelangi adalah Mie Belitung Atep. Mengenal namanya, kuliner ini di kelola sendiri oleh Nyonya Atep selama 40 tahun. Sampai sekarang, kedai ini masih aktif berdiri dan semakin ramai pengunjung dalam setiap harinya. Makanan ini menjadi favorite setiap pengunjung disana.

Bicara soal resep, ibu Atep memperoleh racikan dari para leluhurnya. Memang tidak besar, tetapi kedai ini banyak di datangi orang untuk mencicipi rasa yang berbeda dari mie tersebut. Bahkan pengunjung yang sudah sangat sering merasakan makanan ini tidak pernah bosan untuk mengulang dan mengulang lagi. Harga satu porsi untuk mie belitung atep sangat terjangkau, yakni Rp. 11 ribuan saja.

  1.  Warung Kopi Kong Dji

Liburan ke Belitung bakalan nyesel kalau nggak mampir di salah satu kedai kopi populer. Sebuah warung kopi yang berdiri sejak tahun 1943 di kelola oleh seorang bernama Om Joni. Sehingga sampai saat ini nama kedai tersebut mengusung nama Warung Kopi Kong Djie. Kelihatannya memang biasa, tetapi rasanya sangat luar biasa. Inilah yang menjadi alasan banyak di datangi pengunjung.

Secara bangunan memang terlihat seperti warung biasa dengan konsep tua, akan tetapi setelah anda memasuki warung ini akan banyak menu yang di sajikan. Letaknya sangat strategis, yakni terletak di pinggir jalan tepat. Warung ini mulai buka pada pukul 5 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Namun kopi yang di tawarkan disini bukan seperti yang anda temui di cafe seperti americano, machiato dan kawan-kawannya. Tetapi warung Kong Djie ini hanya mempunyai dua jenis kopi seperti kopi O dan kopi susu. Camilan di sana sangat bervariasi, mulai dari gorengan sampai dengan kue.

  1. Rumah Makan Timpo Duluk

Rumah Makan Timpo Duluk merupakan salah satu lokasi yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja saat liburan ke Belitung. Lokasinya terletak di Jalan Lettu Mad Daud No. 22 Kampung Parit, Tanjung Pandan. Disana anda bisa mencicipi masakan nusantara Indonesia khas dari Belitung. Secara bangunan, baik interior maupun eksterior sangat cantik sekali terbuat dari kayu yang cukup kental dengan gaya Belanda, persis seperti rumah warga Belitung zaman dulu. Adapun makanan khas yang tersaji pada rumah makan ini seperti Gangan Ikan, Berego, Pampi, dan lain-lain.

  1. Suto Belitung Mak Jannah

Siapa yang sudah pernah mendengar suto? Makanan ini bukan soto seperti yang kita tahu selama ini, tetapi kuliner ini sangat khas memadukan beberapa bahan dan rasa sangat lezat. Jika di perhatikan, makanan ini lebih mirip dengan ketupat sayur. Cara penyajiannya dengan memberikan irisan lontong, daging, bihun, dan keripik melinjo. Setelah itu sebagai pelengkap kenikmatan di siram dengan kuah kental gurih. Topingnya adalah bawang goreng, kecap manis dan jeruk limau.

  1. Fega Seafood Restaurant

Fega Seafood merupakan restoran populer di Belitung yang tak pernah sepi akan pengunjung. Banyak orang yang bergiliran datang silih berganti karena untuk mencicipi hidangan khas di sana. Seperti namanya, banyak makanan yang terbuat dari lelautan mulai dari ikan sampai seafood lainnya. Disini anda bisa memilih jenis masakan seafood yang di sukai, udang, kepiting, lobster, cumi dan masih banyak lagi. Harganya sangat relatif terjangkau, berkunjung dengan empat orang akan di patok biaya mulai dari Rp. 250 ribu.

  1. Berage

Berage adalah makanan khas Belitung yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu, tepung besar. Makanan ini lebih mirip dengan lontong, hanya saja bentuk dan adanya bahan sagu tersebut yang menjadi pembedanya. Biasanya, berage akan di sajikan dengan sup gangan. Selain itu, bisa juga di sajikan dengan masakan seafood lain.

  1. Bakso Ikan Pak Long

Belitung mempunyai satu sajian yang tak tertinggal yakni bakso. Berbeda dari kebanyakan bakso yang kita ketahui dan terbuat dari dagung sapi maupun ayam, tetapi jenis bakso yang ada di Belitung menggunakan bahan ikan. Hal ini tentu mengingat kembali akan potensi besar perairan kepulauan Belitung yang menghasilkan banyak hasil laut. Bakso Ikan Pak Long misalnya, sebuah kedai bakso yang ramai pembeli. Harga mulai dari Rp. 10ribu sampai dengan Rp. 15ribu.

baca artikel juga Sejuknya Berwisata di Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai Belitung

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *