Tips Mencegah Kerontokan Rambut: Obat Alami yang Efektif

Tips Mencegah Kerontokan Rambut: Obat Alami yang Efektif – Lebih populer dikenal sebagai methi dana dalam bahasa Hindi, benih fenugreek adalah bumbu yang umum digunakan secara luas di rumah tangga India. Ini tidak hanya dibatasi untuk memasak makanan lezat daerah tetapi Anda dapat memperoleh banyak manfaat dengan menggunakannya di pengobatan di rumah – dari membantu pencernaan untuk mengurangi rambut rontok. ya, Anda tidak salah dengar.

Tips Mencegah Kerontokan Rambut: Obat Alami yang Efektif

Benih methi dianggap sebagai salah satu obat yang paling efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi banyak orang di zaman sekarang. Salahkan pada gaya hidup kita atau saat-saat penuh tekanan yang kita jalani, tapi ini adalah kekhawatiran yang berkembang di antara banyak orang, dan beralih ke pengobatan di rumah tampaknya merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengobatinya secara alami. Bibit fenugreek kaya akan asam folat, Vitamin A, Vitamin K dan Vitamin C, dan merupakan gudang mineral seperti potasium, kalsium dan besi.

Benih Fenugreek juga mengandung kandungan protein dan nikotinat tinggi, yang diketahui bermanfaat melawan rambut rontok dan ketombe, dan dalam mengobati berbagai masalah kulit kepala seperti kekeringan rambut, kebotakan dan rambut yang menipis. Ini mengandung sejumlah besar lesitin, yang menghidrasi rambut dan memperkuat akar atau folikel rambut. Benih juga membantu melembabkan rambut dan mengembalikan keharuman dan pantulannya.

Cara Menggunakan Biji Fenugreek Menurut Ayurveda, fenugreek termasuk dalam kategori ‘makanan panas’. Untuk memaksimalkan manfaat bibit fenugreek, mereka biasanya direndam dalam air semalam, atau dimakan sebagai kecambah untuk mengurangi panas. Mereka juga memiliki sifat antioksidan, dan merupakan obat terbaik untuk detoksifikasi.

Untuk Mencegah Jatuh Rambut: Untuk mengatasi masalah rambut rontok, salah satu solusi yang paling disarankan adalah membuat masker rambut dengan metode berikut:

  • Rendam 2 sendok makan biji fenugreek di air dan biarkan semalam di tempat yang sejuk.
  • Menggiling biji menjadi pasta menggunakan air yang sama, yang akan berubah menjadi lengket dan berlendir (zat licin ini diketahui memberi kesan bersinar pada rambut Anda).
  • Oleskan pada akar rambut Anda dan biarkan selama 20 menit. Pijat sedikit di kulit kepala sebelum membilas rambut Anda dengan sampo ringan.

Catatan: Untuk pasta, Anda bisa menambahkan 1 sendok makan jus lemon dan menggunakannya untuk mengatasi masalah ketombe; atau 1 sendok makan santan untuk rambut halus dan berkilau.

Menggabungkannya dengan Minyak Kelapa: Benih methi dan minyak kelapa bekerja dengan baik dalam mengobati rambut rontok dan melembabkan rambut.

  • Ambil 2 sendok makan biji fenugreek di mixer dan giling bubuk.
  • Transfer ke mangkuk dan tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalamnya.
  • Campur kedua bahan dengan baik dan oleskan pasta ini ke rambut Anda, kebanyakan akar.
  • Biarkan kering selama 10 menit, lalu bersihkan dengan sampo ringan.

Benih magis ini telah lama digunakan dalam pengobatan kecantikan, jadi tidak mengherankan bahwa bahkan sampai hari ini mereka sangat direkomendasikan sebagai pengobatan di rumah untuk mengobati berbagai masalah terkait rambut. Cobalah untuk mempercayainya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *