Tips Belajar Setir Mobil Untuk Pemula

Awalnya ragu mau belajar mobil sendiri, tapi sebenarnya dalam belajar setir mobil itu yang harus pertama kali dilakukan adalah melawan rasa takut untuk membawa mobil. serius karena setelah dicoba ternyata tidak menakutkan dan tidak sesulit yang dikira. nah kalau kamu masih pemula tidak ada salahnya untuk belajar setir mobil dengan mobil sendiri atau punya teman/keluarga. yang paling penting harus didampingi oleh orang yang paham.

belajar setir mobil

Berikut tips belajar mobil untuk pemula step-by-step sampai bisa.

1.  Latihan Maju Mundur

Yang paling mendasar adalah memajukan dan memundurkan mobil, dengan memainkan kopling pada tahap awal, karena untuk menjalankan mobil dengan kecepatan pelan tanpa menginjak gas pun mobil sudah bisa jalan. di langkah ini sebenarnya untuk membiasakan kaki anda untuk mengenak pedal kopling, rem, dan gas.

2. Latihan Rem

Setelah bisa maju mundur anda bisa l=melanjutkan latihan pengereman, goalnya adalah anda bisa mengerem dengan smooth dan mesin mobil tidak mati, jadi saat anda ingin rem jangan lupa injak kopling sampai dalam dan rem secara perlahan.

3. Latihan Belok

Setelah bisa maju mundur selanjutnya adalah belajar untuk belok, jadi anda harus memposisikan setelah kaca spion melewati jalan/belokan yang ingin anda ambil langsung setir mobil ke arah belokan tersebut. hal ini agar ban belakang bisa masuk kejalan tanpa masuk kedalam lubang atau pinggiran jalan tersebut.

4. Latihan Berjalan Angka Delapan

Setelah sudah bisa belok sekarang saatnya anda menjalankan mobil membentuk angka delapan, hal ini sambil membiasakan kaki dan tangan anda terbiasa dengan mobil yang anda kendarai.

5. Latihan Memperharus Maju Mundur, Rem

kalau sudah lancar membentuk angka delapan sekarang tinggal memperhalus saat mobil ingin jalan, pengereman dan mundur. hal ini untuk membuat anda semakin pede saat megnendarai mobil.

6. Latihan Pergantian Gigi yang Halus

Bisa dipastikan anda pasti masih ragu dan belum terbiasa saat mengoper gigi, disini anda bisa menggunakan track lurus untuk belajar memasukkan gigi dari gigi sati ke gigi 2 dst.

7. Jalan Ke Jalan Raya

Untuk menambah kepercyaan diri anda ada baiknya anda mulai mempraktekannya langung ke jalan raya, karena anda akan menemukan beberapa “materi” latihan yang tidak diajarkan seperti yang di atas .

Nah setelah anda bisa berjalan di jalan raya, sekarang tugas anda hanya satu yakni rutin membawa mobil dengan jarak yang dekat sampai jauh untuk mendapatkan bahan latihan yang lebih sulit. jangan lupa baca atau cari inforamsi tutorial mengenai otomotif atau latihan setir yang kini sudah ada di youtube.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *