Tipe-Tipe Alat Berat Crane

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana para pekerja konstruksi bangunan memindahkan benda yang dimensinya sampai 5 kali lipat dari ukuran tubuh mereka ke atas gedung.

Alat berat yang mereka pakai untuk memindahkan adalah Crane (heavy equipment) yang mana mempunyai keunggulan dalam urusan mengangkat material project yang mempunyai ukuran yang lumayan besar yang mana sulit dipindahkan jika memakai peralatan biasa.

Crane sudah sangat kerap kita jumpai ketika ada proyek besar yang mana disitu ada banyak material yang harus dipindahkan dari suatu tempat ketempat lainya. Alat berat ini memiliki kemampuan berputar 360 derajat dan mempunyai daya jangkau puluhan meter.

Hal inilah yang membuat Crane kerap dipakai di bidang project pergudangan, pelabuhan, perbengkelan dan industri. Walau demikian ada cukup banyak jenis alat berat Crane yang lazim digunakan.

Walaupun demikian masih banyak juga pekerjaan project yang tidak menggunakan Crane karena dimensinya yang besar sehingga susah masuk kedalam gang yang sempit dan juga pemukiman yang padat penduduk.

 

3 Jenis Alat Berat Crane dan Fungsinya

1. Tower Crane

Tower Crane adalah alat berat yang lazim digunakan untuk memindahkan barang dari bawah ke atas atau sebaliknya pada ruang gerak yang terbatas. Jenis crane ini memliki beberapa jenis seperti crane panjat (climbing crane), crane yang ditambatkan pada bangunan (tied-in tower crane), crane yang mampu berdiri bebas (free standing crane) dan crane diatas rel (rail mounted crane).

Ala berat ini sangat membantu meringankan pekerjaan proyek pembangunan sebab bisa mengurangi risiko kecelakan pada para pekerja tanpa mesti naik dan turun untuk mengangkat material proyek yang dibutuhkan.

Hampir semua jenis material dapat diangkat / dipindahkan oleh Tower Crane tanpa ada kendala karena alat berat ini memang dibuat untuk mendukung memudahkan pekerjaan manusia.

 

 

2. Crane Crawler

Alat berat Crawler crane merupakan alat pengangkat material yang umum dipakai pada pekerjaan project dengan daya jangkau pemindahan material yang tidak terlalu panjang seperti pada Tower Crane. Meskipun demikian kemampuan Crawler crane tidak bisa diremehkan dalam hal memindahkan material dari satu tempat ke tempat yang diinginkan.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Crawler Crane ialah alat berat ini mampu berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain di area proyek yang tidak bisa dilakukan oleh Tower Crane.

Untuk menggunakan alat ini tidak perlu lagi harus membeli sendiri karena sudah banyak layanan penyewaan Tower Crane yang ada di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Hal ini karena harganya yang cukup mahal sehingga banyak owner dari perusahaan kontraktor masih belum mampu membeli alat berat ini.

Untuk kegiatan operasional di lapangan untuk memindahkan material proyek dari satu tempat ke tempat yang diinginkan.

 

3. Mobile Crane (Truck Crane)

Mobile Crane adalah alat berat yang dapat berpindah – pindah sehingga banyak dipakai para pekerja proyek. Kelebihan yang dipunyai oleh Mobile Crane hampir sama dengan kemampuan yang dipunyai oleh crane crawler.

Mobile Crane ini mempunyai kemampuan daya jelajah nya yang lebih luas karena langsung menyatu dengan mobil truk sehingga Anda tidak perlu lagi menyewa truk untuk memindahkan mobile crane dari satu tempat proyek ke proyek lainnya.

Nah sudah pahamkan pentingnya Alat Berat Crane dalam membantu pekerjaan proyek? maka dari itu banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa pengiriman alat berat untuk kirim alat berat mereka dengan tarif ongkos kirim alat berat yang murah, Cargonesia Express hadir menjadi solusi tersebut, dengan pelayanan terbaik juga mempunyai jaminan garansi untuk alat berat anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *