Selalu Sakit Saat Datang Bulan? Lakukan 11 Cara Mengatasi Nyeri Haid Ini!

Selalu Sakit Saat Datang Bulan? Lakukan 11 Cara Mengatasi Nyeri Haid Ini!

Mungkin saja ada lebih dari 1/2 populasi wanita yang rasakan sakit pada saat menstruasi tiap-tiap bln.. Memanglah, nyeri haid—secara medis dimaksud ‘dismenoria’—biasanya yaitu hal yang lumrah, dengan kata lain tidaklah perlu sangat di kuatirkan. Tapi tetaplah saja beberapa wanita tentu begitu bersukur bila ada beberapa cara menangani nyeri haid yang mujarab magic glossy

Bila Anda tengah mencari-cari siasat untuk menangani nyeri haid yang senantiasa mengganggu, beruntung-lah Anda temukan artikel ini. Karna artikel ini juga akan membahas 11 taktik ampuh supaya menstruasi tiap-tiap bln. tidak sekali lagi buat Anda sulit melakukan aktivitas.

Taktik 1 : Air, Air, serta Air

Banyak minum air memanglah tidak akang segera menghilangkan rasa sakit, namun air menolong menangani perut kembung yang jadi parah rasa nyeri. Waktu datang bln., tuang air minum didalam botol yang mudah dibawa kemana-kemana, lantas masukan sebagian daun mint atau air perasan lemon—supaya rasa air jadi lebih enak.

Tapi janganlah beberapa cobalah berikan garam ke air, terlebih ganti konsumsi air dengan minuman berkafein—kedua hal tersebut jadi juga akan buat badan jadi kehilangan banyak air.

Taktik 2 : Makanan ringan ‘Obat’ Nyeri Haid

Makanan ringan seperti donat, keripik kentang, atau makanan berlemak serta gorengan beda tidaklah rekan yang baik di masa haid. Pastikan makanan yang rendah lemak, kaya serat, serta memiliki nutrisi : makanan ringan yang terbuat dari gandum utuh, kacang-kacangan, serta buah-buahan.

Nutrisi seperti vitamin E, B1 serta B6, magnesium, zink, juga asam lemak omega-3 mampu menghalangi pembentukan zat mirip hormon yang bertanggungjawab membuat kram perut menyakitkan waktu haid. Mereka juga menolong kurangi kemelut otot dan peradangan yang ikut jadi parah nyeri.

Taktik 3 : Ganti Kopi dengan Smoothie

Cafein dapat buat kram otot jadi semakin jelek, jadi cobalah tahan dahulu hasrat untuk menyeruput kopi sekian hari sebelumnya serta sepanjang menstruasi. Yakinkan juga Anda tidak mengonsumsi cafein dari minuman soda, minuman tambah energi, cokelat, atau teh.

Bila Anda terasa betul-betul perlu suatu hal yang dapat ‘membangunkan’ pada pagi atau siang hari, coba minuman smoothie yang terbuat dari sayuran serta buah-buahan. Smoothie memiliki nutrisi bisa sama dampaktifnya dengan cafein untuk tingkatkan konsentrasi Anda.

Taktik 4 : Minum Obat yang Tepat

Obat seperti aspirin, ibuprofen, serta naproxen sodium dapat menangani nyeri haid lewat cara memperingan kram perut yang tengah berlangsung. Cobalah tanyakan dengan dokter mengenai yang dirasakan haid yang Anda alami, mungkin saja ia dapat berikan panduan obat yang pas.

Bila di rasa butuh, taruhlah sebagian butir obat ini dalam tas atau di mobil, jadi mudah untuk di cari pada saat diperlukan. Jadi faedah penambahan, obat ibuprofen serta naproxen juga dapat memperingan pendarahan menstruasi.

Taktik 5 : Lawan dengan Suhu Panas

Tahukah Anda kalau suhu panas mungkin saja langkah menangani nyeri haid? Ya, tempelkan ruang perut dengan suatu hal yang hangat bisa meredakan ketidaknyamanan. Jaman saat ini gampang sekali untuk memperoleh suhu panas, tidaklah perlu bebrapa ribet masak air dahulu.

Umpamanya, Anda dapat pakai microwave untuk menghangatkan handuk—tapi janganlah lama-lama, kelak terbakar. Serta di beberapa toko mungkin saja telah ada alat/bantal kompres panas elektrik, yang dapat digunakan setiap saat, baik di kantor ataupun dirumah.

Taktik 6 : Mari Aktif Olahraga

Meskipun belum juga terdapat beberapa bukti yang tunjukkan bila berolahraga mampu menangani nyeri haid, tapi telah beberapa wanita yang mengakui begitu terbantu. Berolahraga buat badan meepas endorfin—zat kimia di otak yang membuat perasaan suka. Coba mencari saat untuk jalan kaki, treadmill, atau pergi berenang.

Taktik 7 : Lembutkan dengan Pijatan

5 menit pijatan perut dalam satu hari telah cukup untuk memperlancar aliran darah sekalian meredakan kemelut otot hingga Anda juga akan terasa tambah baik. Awalilah rutinitas memijat ini sekian hari sebelumnya datang bln.. Sebagian orang juga terbantu dengan memoleskan cream atau minyak urut di perut mereka.

Taktik 8 : Minum Herbal

Herbal seperti kunyit, evening primrose oil, serta jahe dapat dibuktikan dapat menolong menangani kram perut karena haid. Dianjurkan untuk konsultai dahulu dengan dokter sebelumnya coba mengkonsumsi herbal atau suplemen apapun. Sebagian type herbal mungkin saja bisa merubah dampaktivitas obat yang tengah Anda mengkonsumsi, termasuk juga pil KB.

Taktik 9 : Tekan dengan Akupresur

Ingat-ingatlah titik-titik akupresur ini : titik dibagian berdaging pada jempol serta jari telunjuk, 2 titik berada di bawah pusar selebar dua jari serta empat jari, serta 2 titik di daerah panggul—masing-masing dimuka lipatan kaki. Titik-titik beda ada juga di punggung dan kaki, cobalah saksikan sedetailnya di website Moderen Reflexology.

Menghimpit titik akupresur memakai jari jempol atau telunjuk dapat memperlancar peredaran darah sekalian melepas endorfin untuk menolong memperingan yang dirasakan menstruasi. Siapa tahu tehnik akupresur yaitu langkah menangani nyeri haid yang paling baik buat Anda?

Taktik 10 : Dibawa Tidur Saja

Memanglah Anda mungkin saja terasa sulit tidur bila perut tengah sakit-sakitnya. Maka dari itu trick ini dianjurkan dikerjakan sekian hari sebelumnya mulai saatnya haid. Tandai di kalender kapan kurang lebih periode menstruasi setelah itu, atau perhatikan sinyal tanda mendekati datang bln. yang umum Anda rasakan.

Sepanjang hari-hari sebelumnya nyeri haid hampiri, gunakan saat dengan tidur senyaman-nyamannya serta jangan pernah kurang tidur. Serta sesudah datang saatnya haid, sempatkanlah waktu senggang di istirahat siang untuk tidur sesaat. Atau mungkin saja Anda mesti bertukar tempat tidur malam, terlebih bila umumnya tidur dengan perut terhimpit.

Taktik 11 : Manjakan Diri dengan Mandi Berendam

Bila miliki bak mandi untuk berendam, penuhilah dengan air hangat, tuang sabun sampai keluar gelembung-gelembung, serta janganlah lupa bawa majalah atau buku favorite Anda. Beberapa orang terasa kalau ini yaitu langkah ampuh menangani nyeri sekalian menentramkan mood yang semerawut karena PMS. Tapi janganlah sedih bila tidak dapat berendam—mandi umum dengan air hangat juga menolong, kok.

Telah cobalah beberapa trick diatas tapi masih tetap saja terganggu oleh nyeri haid? Mungkin saja sekaranglah saatnya untuk bicarakan problem ini dengan dokter. Karna mungkin ada penyebabnya dibalik ketidaknyamanan Anda di masa menstruasi—biasanya dibarengi dengan ketidakteraturan, rasa sakit, serta pendarahan haid yg tidak seperti umumnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *