Sejuknya Berwisata di Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai Belitung

Sejuknya Berwisata di Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai Belitung ,  Kepulauan Belitung bukan hanya mempunyai bentang pantai yang indah, namun juga tempat-tempat yang lain. Salah satunya adalah wisata alam air terjun yang terletak di wilayah Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung. Lokasi air terjun ini tepatnya berada di RT 05/03, Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong yang mempunyai ketinggian 15 meter. Warga setempat menamakan pesona air terjun ini dengan sebutan Jurak Insum Kepala Kawai.

Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai Belitung
Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai Belitung

Kawasan air terjun ini berada di balik bukit yang mempunyai ketinggian hingga 200 MDPL (meter dari permukaan laut). Sementara bukit yang berada di kawasan Hutan Lindung (HL) mempunyai luasan sekitar 10 hektar. Satu hal yang menarik sari Insum Kepala Kawai adalah sumber mata airnya yang sangat khas. Tekstur airnya sangat jarang di temukan di wisata yang ada di kawasan lainnya.

Bagaimana tidak, jejatuhan air dari ketinggian mengalir secara bertingkat-tingkat. Kurang lebih terdapat tujuh bagian tingkat pada air terjun Jurak Insum Kepala Kawai Belitung tersebut. Nah, inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan dalam negeri. Secara langsung, Gabungan Pecinta Alam Belitung (Gapabel) telah menjelajahi seluk beluk kawasan air terjun tersebut.
mau info wisata belitung kunjungi https://www.wisatabelitung.co.id

“Kalau di kembangkan, ini akan menarik. Jarang soalnya di Belitung ini memiliki keindahan air terjun seperti ini. Ini sebetulnya aset desa,” begitu ucapnya tempo lalu, salah seorang anggota Gapabel bernama Hestian.

“Kami harap, kelestariannya tetap di jaga. Ya kalau bisa, sampah-sampah bekas minuman, atau makanan untuk bisa di bawa pulang, ketika berkunjung kesini,” imbuhnya.

Harapan Hestian akan kelestarian alam air terjun Jurak Insum Kepala Kawai tentu suatu hal yang positif. Jika anda ingin menuju ke lokasi ini, dari Tanjung Pandan anda bisa mengendarai sepeda motor hingga roda empat. Rute perjalanannya yakni menuju Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa yang hanya di tempuh waktu selama 36 kilometer. Anda juga tidak perlu khawatir karena jalan jalan menuju Aik Nangka sudah sangat mulus dan mudah di lalui kendaraan apapun.

Setiba pengunjung disana, mereka kembali harus memasuki jalan tanah merah dengan lebar sekitar empat meter. Tetapi, khusus untuk kendaraan roda empat hanya bisa berjalan atau bisa di gunakan sampai dengan 100 meter saja dari pinggir jalan aspal. Akan tetapi untuk kendaraan roda dua seperti motor bisa menempuh hingga 1,5 km menuju pada bagian bawah bukit.

Setelah pengunjung telah sampai di sebuah perkebunan milik warga sekitar, disarankan agar mereka bisa memarkirkan kendaraan pada lokasi tersebut. Hal ini demi keamanan pengunjung semua, mengingat bahwa jalan menuju kaki bukit tidak mendukung. Dengan kata lain, untuk bisa sampai di mata air, pengunjung harus berjalan kaki sampai lokasi air terjun. Suasananya sangat natural sekali, anda akan menyaksikan perjalanan menyenangkan dan memasuki hutan kecil.

Dalam sepanjang perjalanan, anda akan sering menjumpai sungai-sungai kecil yang layak untuk di singgahi untuk area berfoto atau menikmati udara lepas. Selain itu, akan lebih menarik lagi lokasi ini sebagai wisata hiking, camping dan kegiatan alam bebas lain.
baca juga artikel : Paket Tour Belitung 2 Hari 1 malam

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *