Sakit Punggung—Penyebab dan Cara Mencegahnya

Sakit Punggung—Penyebab dan Cara Mencegahnya

Sakit punggung yaitu satu diantara penyebabnya paling banyak beberapa orang tidak dapat bekerja serta penyebabnya paling utama keterbasan fisik beberapa orang di semua dunia. Umumnya orang sempat rasakan sakit punggung paling tidak 1x dalam kehidupan mereka baca juga

Berita baiknya, Anda dapat menghindar atau kurangi rasa nyeri yang diakibatkannya. Bila sakit punggung tidak bisa dihindari, jadi perawatan simpel dirumah sering mampu memulihkan kembali sakit di punggung dalam sebagian minggu. Tidak sering sekali diperlukan operasi pembedahan untuk mengobati sakit punggung.

  • Tanda yang Mengikuti Sakit Punggung

Sakit punggung yang Anda alami mungkin dibarengi dengan gejala-gejala yang lain, seperti rasa sakit di otot, nyeri yang menusuk, rasa sakit yang menyebar ke sisi bawah kaki, dan gerakan punggung yang terbatas.

Umumnya masalah sakit punggun bisa lebih baik dengan bertahap dengan perawatan rumahan, umumnya kurun waktu 2 minggu. Namun bila sakit punggung tidak kunjung lebih baik, baiknya periksakan ke dokter.

Dalam masalah yang tidak sering berlangsung, sakit punggung dapat mengisyaratkan ada problem penyakit beda yang serius. Karenanya, cari selekasnya pertolongan medis jika sakit punggung :

Mengakibatkan problem pada usus atau kandung kemih

Dibarengi demam

Disebabkan oleh terjatuh atau kecelakaan beda yang mencederai punggung

Diluar itu, periksakan juga diri Anda ke dokter jika sakit punggung :

Kronis serta tidak kunjung lebih baik dengan perawatan rumahan

Menebar ke satu diantara atau ke-2 kaki, terlebih bila nyeri menyebar ke bawah lutut

Mengakibatkan kekurangan, mati rasa, atau kesemutan pada satu diantara atau ke-2 kaki

Dibarengi dengan penurunan berat tubuh yang pemicunya tidak jelas

Juga hubungi dokter Anda bila Anda mulai alami problem sakit punggung sesudah melalui umur 50 th., atau bila Anda mempunyai kisah sakit kanker, osteoporosis, sempat memakai obat steroid atau sempat menyalahgunakan obat-obatan serta kecanduan alkohol.

  • Penyebabnya Sakit Punggung

Sakit punggung dapat datang mendadak serta selalu merasa sakit sepanjang kurang dari 6 minggu, peluang karna terlebih dulu Anda terjatuh atau mengangkat beban berat—ini diberi nama sakit punggung akut. Sedang sakit punggung yang selalu ada sepanjang lebih dari 3 bln. dikatakan sebagai sakit punggung kritis. Sakit punggung type ini lebih tidak sering dihadapi dibanding yang type akut.

Problem sakit punggung sering keluar tidak ada penyebabnya terang yang dapat di check dokter. Walau demikian ada sangkaan penyebabnya sakit punggung dikarenakan oleh beberapa masalah sebagai berikut :

Otot atau ligamen yang tegang. Berkali-kali mengangkat beban berat atau pergerakan mendadak yang dipaksa bisa mengakibatkan tegang pada otot punggung serta ligamen tulang belakang. Bila keadaan fisik Anda tengah jelek, kemelut yang selalu berlangsung pada punggung bisa menyebabkan kejang otot yang menyakitkan.

Disk yang menggembung atau pecah. Disk bermanfaat jadi bantalan pada tulang-tulang (vertebrae) pada tulang belakang Anda. Bantalan lembut didalam disk itu bisa menggembung atau pecah serta menghimpit saraf-saraf di sekelilingnya. Tetapi Anda mungkin alami hal itu tanpa ada rasakan rasa sakit. Problem pada disk ini seringkali di ketahui dokter dengan kebetulan pada saat pasien melakukan kontrol sinar-X tulang belakang untuk mengecek penyakit beda.

Radang sendi. Osteoartritis bisa merubah punggung sisi bawah. Dalam sebagian masalah problem artritis pada tulang belakang itu dapat mengakibatkan penyempitan ruangan di sekitaran sumsum tulang belakang—kelainan yang dimaksud stenosis tulang belakang.

Ketidakteraturan tulang. Sakit punggung bisa berlangsung apabila tulang punggung Anda melengkung dengan tidak harusnya. Kelainan skoliosis—dimana tulang punggung melengkung ke samping—juga mungkin saja penyebabnya sakit punggung, walau demikian umumnya ini berlangsung bila problem skoliosis telah demikian kronis.

Osteoporosis. Tulang vertebrae Anda makin lama dapat retak bila tulang Anda jadi keropos serta rapuh karena osteoporosis.

Problem pada sakit punggung ini dapat dihadapi siapa saja pada umur berapapun, bahkan juga pada umur anak-anak serta remaja meskipun. Walau demikian, beberapa aspek spesifik dapat buat Anda rawan alami sakit punggung.

Aspek itu diantaranya : umur diatas 30-40 th., kurang berolahraga, keunggulan berat tubuh, penyakit seperti artritis serta kanker, salah tempat waktu mengangkat beban berat, problem psikologi seperti depresi serta kekhawatiran, dan rutinitas merokok.

  • Langkah Menghindar Sakit Punggung

Anda dapat menghindar sakit punggung dengan melakukan perbaikan keadaan fisik Anda. Tersebut disini beberapa tips untuk kembalikan keadaan fisik Anda jadi sehat serta kuat sekali lagi :

Berolahraga. Berolahraga type aerobik yg tidak menegangkan serta menarik otot punggung bisa tingkatkan kemampuan serta ketahanan tulang punggung dan sangat mungkin otot-otot Anda berperan tambah baik. Konsultasikanlah dengan dokter untuk ketahui type berolahraga apa yang paling baik untuk Anda kerjakan.

Membuat kemampuan otot serta kelenturan. Latihan otot perut serta punggung juga akan menolong membuat otot-otot itu hingga mereka dapat sama-sama bekerja sama dengan korset alami yang membuat perlindungan punggung Anda. Membuat kelenturan di pinggul serta kaki sisi atas sejajar tulang panggul Anda bisa memperingan rasa sakit punggung. Konsultasikanlah dengan dokter atau pakar therapy fisik Anda untuk ketahui type latihan mana yang pas untuk Anda.

Jagalah berat tubuh tetaplah baik. Keunggulan bobot tubuh bisa berikan beban ekstra untuk otot-otot punggung. Bila Anda keunggulan berat tubuh, coba kurangi sedikit untuk sedikit berat tubuh Anda untuk menghindar sakit punggung yang berlangsung berulang-kali.

Berdiri dengan tempat yang benar. Pertahankan tempat panggul tetaplah netral. Bila Anda mesti berdiri kurun waktu lama, tempatkan satu kaki di satu bangku pendek untuk menolong kurangi beban pada punggung sisi bawah. Ganti tempat kaki seiring berjalannya waktu. Postur berdiri yang baik bisa kurangi desakan pada otot punggung.

Duduk dengan tempat yang benar. Tentukan kursi yang nyaman untuk punggung sisi bawah Anda, serta mempunyai lengan kursi serta dapat berputar-putar. Bila kurang nyaman, simpanlah bantal atau gulungan handuk di belakang punggung Anda untuk menjaga tempat duduk yang benar. Jagalah tempat lutut serta pinggul Anda. Sering-seringlah menata ulang tempat duduk Anda, paling tidak tiap-tiap 1/2 jam.

Sadari terbatasnya diri. Bila mungkin saja, jauhi sekalipun mengangkat beban berat. Namun bila Anda mesti mengangkat suatu hal yang berat, biarlah kaki Anda yang lakukan bagiannya dengan berjongkok. Jagalah punggung tetaplah dalam tempat lurus, janganlah membungkuk. Pegang beban dekat dengan badan Anda supaya tempat punggung tetaplah lurus. Mencari pertolongan orang yang lain bila bebannya sangat berat.

Sakit punggung yaitu problem kesehatan yang begitu seringkali dihadapi beberapa orang. Karenanya banyak product kesehatan yang tawarkan jalan keluar saat itu juga untuk menangani sakit punggung. Tetapi ingat-ingatlah kalau tak ada bukti kalau beberapa produk itu, umpamanya sepatu spesial, bantalan sepatu, bantalan punggung, atau beberapa produk beda yang di desain spesial problem punggung, yang mampu menangani sakit punggung dengan instan.

Hanya satu jalan keluar paling baik untuk menangani sakit punggung yaitu dengan berhenti beraktivitas apa pun yang tengah dikerjakan waktu itu. Serta biarlah punggung untuk sembuh sepanjang sebagian minggu. Dalam periode waktu pemulihan itu janganlah kerjakan kesibukan yang dapat menaikkan sakit punggung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *