Merokok Bisa Menyebabkan Jerawat Semakin Parah, Bahkan Sampai Munculnya Bopeng

 

Jerawat merupakan salah satu permasalahan pada wajah yang umumnya di sebabkan karna bakteri Propionibacterium acnes yang hidup dan juga berkembang di tumpukan minyak pada wajah, kotoran, debu, sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat.

Merokok, memang banyak sekali dampak buruknya seperti menyebabkan kanker. Akan tetapi ada salah satu dampak dari merokok yang masih banyak orang belum mengetahuinya, yaitu merokok bisa menyebabkan jerawat yang ada di wajah semakin menjadi-jadi.

Merokok diketahui dapat menyempitkan pembuluh darah dari dalam dan asapnya bisa merusak sel-sel kulit yang merupakan pertahanan baris pertama dari perlindungan tubuh. Pada akhirnya, ini akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori yang menyebabkan munculnya komedo dan jerawat non inflamasi, apalagi kalau wanita yang merokok sudah banyak terbukti lebih rentan terhadap jerawat ini.

 

Merokok Juga Menyebabkan Penuaan Pada Kulit

Selain menyebabkan jerawat, merokok juga ternyata bisa menyebabkan penuaan pada kulit. Penuaan ini di tandai dengan munculnya kulit keriput dan garis-garis halus pada kulit, hal ini karna asap rokok yang mengenai wajah dan racun pada rokok yang tertinggal pada tubuh sama-sama bisa menyebabkan radikal bebas, merusak produksi kolagen, serta merusak protein kulit pada usia berapapun.

Nah, salah satu cara yang bisa di lakukan untuk menghindari penuaan ialah dengan tidak merokok dan menghindari asap rokok.

 

Perokok akan Mengalami Jaringat Parut Bekas Jerawat yang Semakin Memburuk

Tidak hanya itu saja, merokok juga bisa menyebabkan bekas jerawat semakin buruk. Mulanya jerawat hanya meninggalkan bekas di wajah, lalu jerawat membuat kulit berlubang, hingga akhirnya membuat kulit jadi tidak merata. Terbentuknya jaringan parut inipun bisa karna kebiasaan memencet jerawat.

 

Itulah kenapa merokok bisa menyebabkan jerawat pada wajah semakin bertambah parah. Maka dari itu, sebaiknya sejak dini hindari merokok dan asap rokok, karna selain untuk jerawat rokok dan asapnya pun sangat tidak baik untuk kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Jadi pastikan kamu menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan kulit wajah dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *