Mengenal Impaksi Gigi Dan Cara Mengatasinya

Impaksi gigi atau gigi terpendam adalah keadaan gigi yang terjerat didalam gusi. Biasanya, impaksi gigi berlangsung pada gigi geraham bungsu orang dewasa. Impaksi gigi buat seorang lebih rawan alami rusaknya gigi serta penyakit gusi baca juga 

Wajarnya, orang dewasa mempunyai 32 gigi termasuk juga 4 gigi bungsu. Gigi geraham bungsu atau gigi geraham ke-3 umumnya tumbuh waktu seorang berumur pada 17 th. hingga awal 20-an th.. Pada beberapa orang, gigi bungsu ini tidak bisa tumbuh dengan normal, baik karna terjerat dibawah gusi atau cuma beberapa permukaan gigi yang dapat menembus gusi. Keadaan berikut yang dimaksud impaksi gigi. woman with sensitive tooth ache crown masalah about to cry from pain
Impaksi gigi cukup umum berlangsung serta seringkali tidak dibarengi rasa sakit. Namun banyak pula yang rasakan nyeri bila gigi bungsu tumbuh miring atau tidak keluar dari permukaan gusi.

Penyebabnya Impaksi Gigi

Impaksi gigi dapat berlangsung karna beragam argumen tersebut :

Rahang sangat kecil hingga tak ada cukup ruangan untuk gigi tumbuh.
Gigi jadi bengkok atau miring saat berupaya tumbuh.
Gigi telah tumbuh dalam tempat yg tidak teratur, hingga menghambat gigi bungsu.
Walau sekian, beberapa pakar yakin bila impaksi gigi mempunyai dampak domino, yakni saat gigi yang tumbuh miring menghimpit gigi di sampingnya, hingga akhirnya gigi tumbuh tidak teratur. Gigi yg tidak teratur ini bisa menyebabkan problem dalam kunyah.

Tanda serta Langkah Menangani Impaksi Gigi

Gigi terpendam atau cuma tumbuh beberapa bisa mengakibatkan sisa makanan tersangkut. Diluar itu, bakteri juga lebih gampang masuk hingga mengakibatkan rasa nyeri serta bengkak pada gusi. Tempat gigi terpendam yang berada di belakang membuatnya susah dijangkau oleh sikat gigi.

Sisa makanan yang terselip di ruang itu, bila tidak dibikin bersih, bisa menyebabkan perikoronitis. Perikoronitis adalah keadaan meradangnya jaringan gusi di sekitaran gigi. Masalah yang bisa keluar karena impaksi gigi ini bisa menyebabkan tanda berbentuk gusi bengkak, gusi lembek, serta bau mulut. Tanda impaksi gigi yang lain mencakup :

Gigi cuma keluar sedikit di permukaan gusi.
Nyeri pada rahang.
Sakit kepala berkelanjutan.
Gusi bengkak serta kemerahan di sekitaran gigi terpendam.
Kesusahan buka mulut.
Kelenjar leher membengkak.
Sakit gigi waktu menggigit, terlebih dibagian yang alami impaksi gigi.
Impaksi gigi sesungguhnya tidak membutuhkan perlakuan spesial bila tidak menyebabkan yang dirasakan. Jika yang dirasakan keluar, selekasnya periksakan ke dokter gigi. Karna bila dilewatkan, gigi yang terinfeksi juga akan menyebabkan komplikasi, seperti periodontitis, abses gigi atau gusi, nyeri hebat, maloklusi atau susunan gigi tidak teratur, terjadinya plak gigi, serta rusaknya saraf di sekitaran gigi. Dokter mungkin saja juga akan meresepkan antibiotik untuk menyembuhkan gigi yang terinfeksi bakteri.

Sebelumnya muncul yang dirasakan terlebih komplikasi, Anda dianjurkan mencabut gigi yang alami impaksi sebelumnya berumur 20 th.. Pada umur ini, akar gigi belum juga berkembang prima, hingga lebih gampang diangkat. Bersamaan menambahnya umur, akar gigi serta tulang makin kuat, hingga sistem pengangkatan gigi jadi makin susah, serta sistem pengobatannya juga akan makin lama.

Pengangkatan gigi yang terpendam mesti dikerjakan lewat operasi gigi bungsu. Aksi ini dikerjakan jika lokasi gigi ada didalam gusi. Tanyakan dengan dokter gigi bila Anda memperhitungkan untuk lakukan prosedur ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *