Memasak Sebagai Seni Kuliner

 Seni kuliner adalah seni memasak. Memasak adalah cara menyiapkan makanan yang akan dimakan atau disajikan kepada orang lain.

Seni kuliner terdiri dari banyak kategori – beberapa di antaranya adalah alat, metode, kombinasi bumbu dan bahan yang menambah rasa pada makanan. Biasanya dibutuhkan pengukuran yang tepat, pemilihan yang tepat dan kombinasi bahan yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Keanekaragaman seni Kuliner di seluruh dunia mencerminkan banyak pertimbangan seperti:

– Ekonomi
– estetika
– Nutrisi
– agama
– Budaya

Baca juga : tips dan resep cara membuat makanan sehat.

1. Dawn of Fire

Seni kuliner, jika tidak selalu, dikaitkan dengan api. Panas yang dihasilkan oleh api seringkali perlu diterapkan untuk dapat mengubah tekstur, aroma makanan, kandungan nutrisi dan bahkan penampilannya. Pemanasan penting dalam seni kuliner karena mendisinfeksi makanan dan membuatnya lebih lembut. Zona bahaya makanan antara 4 sampai 60 derajat celcius. 

Dalam suhu ini, bakteri yang ditemukan di tempat yang ditemukan atau bahkan yang dipindahkan ke makanan dapat tumbuh dengan sangat mengkhawatirkan. Dalam kondisi ideal, bakteri bisa melipatgandakan populasi mereka setiap dua puluh menit. 

Meski sekilas, makanan ini mungkin tidak tampak berbahaya, saat tertelan. Banyak orang memiliki kesalahpahaman bahwa bakteri akan mati saat kita membekukan makanan kita atau mendinginkannya, tapi ini sebenarnya tidak menyingkirkan makanan bakteri, hanya memperlambat ekspansi mereka.

2. Baking

Baking mungkin adalah departemen yang paling terkenal dalam seni kuliner. Dalam seni kuliner, memanggang adalah seni memasak makanan dengan menggunakan oven. Makanan dimasak dengan menerapkan panas kering secara merata melalui oven dan makanan. Ini digunakan dalam memproduksi kue berbasis kue seperti pai, tart dan kue. Panas kering dalam oven menyebabkan pati menjadi gelatinisasi dan berakibat pada kecoklatan atau pengambilan bagian luar makanan. 

Beberapa orang yang tidak berpendidikan dalam seni kuliner mungkin berpikir bahwa bagian yang hangus atau bagian cokelatnya tidak semulus kedengarannya, tapi bagian ini sebenarnya memberi rasa dan rasa pada makanan yang dipanggang, sebagian menyegel kelembaban makanan. Kecoklatan yang terlihat pada makanan yang dipanggang ini disebabkan oleh karamel gula dan reaksi kimia yang terjadi antara reduksi gula dan asam amino (reaksi Maillard). Kelembaban di baked goody, di sisi lain, tidak benar-benar benar-benar tersimpan, pada saat sumur sedang dipanggang akan menjadi lebih kering dan kering.

3. Merebus

Kategori lainnya adalah mendidih. Perebusan adalah bila terjadi penguapan cepat cairan apapun saat cairan dipanaskan. Dalam memasak, mendidih dibagi menjadi beberapa kategori lainnya. Blanching, istilah memasak yang digunakan untuk menggambarkan perendaman makanan ke dalam air mendidih dan mengeluarkannya setelah jangka waktu tertentu dan kemudian melemparkannya ke air dingin atau membiarkan air mengalir di atasnya sehingga menyebabkan pengeringan makanan. 

Tekanan memasak adalah saat makanan dimasak di dalam alat masak tertutup yang akan membatasi udara yang masuk atau keluar dari alat itu – teknik ini mempercepat laju memasak. Perasan mungkin akan menjadi teknik memasak paling populer di divisi seni kuliner. Ini adalah metode dimana daging dipotong menjadi potongan yang lebih kecil dan bersama beberapa sayuran direbus menjadi cairan. Simmering, lalu lagi adalah metode memasak dimana cairan hampir tidak dipelihara dari titik didihnya. Teknik mendidih lainnya adalah braising, codding, steam, infusion, shaching, double steaming, steeping dan vacuum flask cooking.

4. Lainnya

Bagi kebanyakan orang Amerika, microwave dan memanggang adalah bentuk memasak yang paling umum. Microwaving adalah bentuk memasak termudah dan paling sederhana; Ini adalah teknik yang kebanyakan digunakan untuk memanaskan makanan mewah yang siap dikonsumsi. Dan untuk memanggang, kebanyakan orang Amerika memiliki stasiun pemanggang di halaman belakang rumah mereka. Memanggang adalah metode pemanggangan yang dimasak langsung di bawah sumber panas. Metode pemanggangan lainnya adalah barbecuing, Searing and Rotisserie. Metode yang kurang umum adalah mengisap daging, atau bahkan mengoleskannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *