Masjid agung sumenep

Masjid agung sumenep

Masjid agung sumenep

Masjid agung sumenep merupakan masjid tertua yang berada di sumenep madura. masjid ini berdiri atau terletak berhadapan dengan alun – alun kota sumenep ke masjid agung sumenep ini dulunya disebut masjid jamik salah satu penanda kota sumenep. masjid agung sumedang unik berbentuk seperti halnya arsitektur cina.

Interior masjid sumenep

Ukiran jawa dalam pengaruh berbagai budaya menghiasi 10 jendela dan 9 pintu besarnya. bila kita perhatikan ukiran di pintu utama dari masjid sumenep tersebut dipengaruhi budaya cina dengan penggunaan warna – warna cerah di samping pintu depan masjid sumenep terdapat jam duduk ukuran besar ber merk junghans di atas pintu tersebut terdapat prasasti pra aksara arab dan jawa.

kita bisa melihat di dalam masjid agung sumenep terdapat 13 pilar yang begitu besar yang mengartikan rukun shalat. bagian luar terdapat 20 pilar dan dua tempat kutbah yang begitu indah ya dan diatas tempat khotbah tersebut terdapat sebuah pedang yang berasal dari irak. awalnya tegang terus terdapat dua buah namun salah satu dari pedang tersebut hilang dan tidak pernah kembali.

Sejarah masjid agung sumenep

Masjid agung sumenep atau yang mempunyai julukan masjid jamik panembahan somala merupakan salah satu bangunan dari 10 masjid tertua dan mempunyai arsitektur yang khas di nusantara. masjid jami di madura ini telah menjadi salah satu landmark di pulau jawa madura sumenep saat ini telah menjadi salah satu landmark di pulau madura dibangun pada pemerintahan panembahan somala. penguasa negeri sumenep yang ke 31 dibangun telah pembangunan kompleks keraton sumenep dengan arsitek yang sama yakni lau play piango.

Menurut beberapa buku sejarah yang saya baca di sumenep pembangunan masjid jamik sumenep dimulai pada tahun 1779 masehi dan diselesaikan sekitar 1787 masehi. bangunan masjid tersebut merupakan salah satu bangunan pendukung keraton yakni sebagai tempat ibadah bagi keluarga keraton dan masyarakat yaitu sebagai tempat masjid jamik sumenep ini adalah masjid kedua yang dibangun oleh keluarga keraton di mana sebelumnya kompleks masjid berada tepat di belakang keraton yang lebih dikenal dengan masjid yang dibangun oleh kanjeng romo tumenggung ario anda dipa penguasa sumenep ke 21.

Arsitektur masjid agung sumenep

Masjid agung sumenep ini memiliki gaya arsitektur dari kebudayaan eropa, arab,  jawa dan madura salah satunya pada pintu gerbang pintu masuk utama masjid yang corak arsitekturnya bernuansa kebudayaan tiongkok. dari bangunan utama masjid agung demak tersebut secara keseluruhan terpengaruh budaya jawa pada bagian atapnya dan budaya madura pada pewarnaan pintu utama dan jendela masjid sedangkan interior masjid lebih cenderung bernuansa kebudayaan tiongkok pada bagian mihrab.

Untuk halaman masjid sendiri terdapat pohon sawo dan juga pohon tanjung. dimana kedua pohon tersebut konon merupakan penghias utama halaman masjid karena dipercaya mempunyai makna filosofi tersendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *