Lebih Menguntungkan Mana Investasi Rumah Atau Apartemen?

Di era yang mana tanah kavling semakin sulit didapat. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, maka semakin banyak pula masyarakat yang membutuhkan lahan untuk tempat tinggal atau hunian yang nyaman dan aman bagi mereka. Tidak hanya menawarkan kenyamanan semata, namun tempat tinggal yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah tempat tinggal yang mampu memberikan nilai kepraktisan kepada penggunanya.

Nah, melihat fenomena tersebut maka belakangan ini jenis hunian yang banyak dicari oleh masyarakat adalah hunian yang berbentuk vertical atau susun. Jenis hunian yang satu ini belakangan ini memang menjadi impian bagi masyarakat yang suka dengan kepraktisan dan kemudahan. Tidak bisa dipungkiri, rumah susun atau apartemen selalu dibangun di lokasi yang strategis. Dengan demikian, akses untuk menuju ke lokasi tempat kerja atau pun menuju ke akses umum yang dibutuhkan menjadi lebih cepat. Maka tak heran pula jika trend untuk tinggal di apartemen ini tidak hanya diidamkan oleh kalangan mereka yang sudah bekerja saja, namun mahasiswa bahkan pasangan yang baru saja menikah pun lebih memilih untuk tinggal di apartemen kasamara residence.

Kini, setiap tahunnya selalu saja proyek apartemen yang mulai dibangun di masing-masing kota besar yang ada di Indonesia. Pembangunan akan rumah hunian vertical ini seakan tak pernah berhenti. Hal ini tak lain adalah permintaan dari masyarakat yang terus saja mengalami peningkatan sehingga developer pun semakin gencar dalam melakukan proses pembangunan. Apakah Anda termasuk orang yang juga lebih nyaman tinggal di kasamara apartemen dari pada di rumah? Sebenarnya berada di apartemen memiliki suka duka tersendiri. Namun, keuntungan yang jelas-jelas akan dirasakan bagi mereka yang sering melakukan mobilitas di luar rumah dan menuntut kepraktisan serta efisiensi waktu memang sangat cocok tinggal di apartemen.

Tinggal di apartemen pada dasarnya tidak selalu apartemen milik sendiri. Kita bisa menyewa atau bahkan jika memiliki budget yang cukup bisa membeli sendiri. Perlu untuk diketahui, seseorang yang membeli apartemen kasamara pun juga bukan berarti mereka akan menempatinya untuk dirinya sendiri. Akan tetapi, lebih dari itu tujuan yang ingin mereka capai yaitu ingin melakukan investasi dengan menyewakan unit apartemen tersebut kepada orang lain. dengan demikian, mereka akan tetap mendapatkan income di setiap periodenya dari hasil apartemen yang mereka sewakan. Bisnis yang demikian ini belakangan ini memang banyak diminati oleh masyarakat. Mengingat umur yang semakin menua, maka penting bagi mereka untuk terus berkarya dan menyiapkan segala persiapan di masa mendatang denga melakukan investasi. Namun, yang menjadi pertanyaan bagi sebagian orang adalah lebih menguntungkan mana investasi rumah atau apartemen?

Menguntungkan investasi rumah atau Apartemen?

Melakukan kegiatan investasi pada dasarnya memiliki nilai plus minusnya tersendiri baik untuk rumah atau pun untuk apartemen. Rumah serta unit apartemen yang berlokasi sama serta dengan harga yang sama pun bisa berbeda hasil investasi yang didapatkannya. Masing-masing jenis properti memang memiliki kelebihan serta kelemahan masing-masing. Yang jelas, manapun yang kita pilih untuk dijadikan sebagai ajang berinvestasi, kita pun harus konsisten untuk menjalankannya.

Kelebihan investasi rumah:

Ketika memutuskan investasi rumah, ada beberapa keuntungan atau kelebihan yang bisa kita rasakan. Yang jelas, investasi rumah akan memiliki nilai investasi jangka panjang. Bahkan, dari segi harga pun cenderung lebih bisa naik di setiap tahunnya. Di samping itu, sertifikat rumah bisa mudah dijadikan jaminan di bank atau di badan pengkreditan rakyat lainnya. Tidak hanya itu saja, jika rumah memiliki bangunan yang bagus, maka bisa disewakan dengan harga yang tinggi.

Dibalik kelebihan dari kegiatan investasi yang dilakukan, ada juga beberapa kekurangan yang mungkin nantinya akan bisa dirasakan. Pertama, bangunan selalu mengalami penyusutan nilai sehingga membutuhkan renovasi untuk menaikkan harga jualnya. Kedua, membutuhkan asuransi untuk kebakaran jika suatu ketika terjadi kebakaran. Ketiga, harus mencari penyewa yang bisa bertanggung jawab jika rumah mengalami kerusakan.

Keuntungan investasi apartemen

Jika investasi apartemen, ada banyak apartemen yang ditawarkan dengan harga yang murah khususnya untuk apartemen jenis studio. Kedua, fasilitas di dalam apartemen komplet mulai dari kolam renang hingga fasilitas kebugaran. Terakhir, harga sewa untuk sewa unitnya biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumah.

Selain keuntungan seperti yang telah dipaparkan di atas, ada juga kerugiannya. Pertama, si pemilik wajib mengeluarkan biaya rutin untuk listrik atau perawatan yang lebih tinggi. kedua, bila dipakai sebagai jaminan kredit, nilainya lebih murah dibandingkan dengan rumah. Ketiga, tidak ada hak guna bangunan karena tidak berdiri langsung di atas tanah. Terakhir, ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan rumah.

Seperti yang telah dipaparkan di atas, ada banyak keuntungan serta kerugian yang didapatkan jika melakukan investasi rumah atau pun apartemen. Selanjutnya bergantung dari masing-masing individu saja lebih suka melakukan investasi rumah atau pun apartemen.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *