Kaki dan Tangan Sering Kesemutan? Cari Tahu Apa Penyebabnya!

Kaki dan Tangan Sering Kesemutan? Cari Tahu Apa Penyebabnya!

Kesemutan di tangan, atau di kaki, yaitu yang dirasakan kesehatan yang begitu umum dihadapi serta cukup mengganggu kenyamanan. Kesemutan yang dihadapi umumnya berlangsung terkadang serta enteng. Namun jika tangan seringkali kesemutan, pasti juga akan menyebabkan kecemasan. Simak apa penyebabnya kesemutan didalam artikel ini baca juga

Ada dua peristiwa yang seringkali berlangsung sebelumnya kesemutan, yang pertama ada desakan pada saraf saat kepala Anda menerpa lengan ketika tidur. Serta yang ke-2 yaitu saat duduk dalam tempat menyilangkan kaki sangat lama. Dalam ke-2 masalah itu, dampak kesemutan—yang umumnya tidak menyebabkan rasa sakit—akan selekasnya menghilang jika desakan pemicunya di hilangkan dengan beralih tempat.

Walau demikian, ada banyak juga masalah di mana kesemutan di tangan, kaki, atau keduanya mungkin saja begitu berat, seringkali kambuh, atau kritis. Serta mungkin saja ada juga tanda beda yang mengikuti, seperti nyeri, gatal, mati rasa, serta atrofi otot. Pada masalah seperti ini, kesemutan mungkin adalah tanda dari rusaknya saraf yang bisa disebabkan oleh bermacam hal seperti cedera traumatik atau cedera desakan berulang, infeksi bakteri atau virus, terserang toksin, serta penyakit systemik seperti diabetes.

Rusaknya saraf itu di kenal jadi neuropati periferal karna hal semacam ini merubah saraf yang membentang dari mulai otak hingga sumsum tulang belakang. Ada lebih dari 100 type neuropati periferal. Seringkali berjalannya saat keadaan neuropati periferal bisa lebih buruk hingga turunkan kekuatan bergerak serta bahkan juga mengakibatkan kecacatan.

Baiknya Anda selekasnya lakukan kontrol medis jika kaki atau tangan seringkali kesemutan terus-menerus. Makin cepat penyebabnya kesemutan diidentifikasi serta dikerjakan, jadi makin kecil juga peluang Anda menanggung derita efek jelek seumur hidup.

Penyebabnya Kaki serta Tangan Seringkali Kesemutan

Satu diantara penyebabnya paling umum dari neuropati periferal yaitu penyakit diabetes, yang mencakup sekitaran 30 % dari semuanya kasusnya. Pada masalah neuropati diabetes, kesemutan serta beberapa gejala awal yang lain sering berkembang di ke-2 kaki serta naik ke tungkai lantas dibarengi dengan kesemutan di ke-2 tangan serta naik ke lengan.

Sekitaran dua-pertiga dari pasien diabetes alami rusaknya saraf step enteng hingga berat. Serta dalam banyak masalah, beberapa gejala rusaknya saraf berikut yang disebut sinyal pertama kemunculan diabetes.

Dalam sekitaran 30 % masalah neuropati periferal yang lain, pemicunya diidentifikasikan jadi tidak di ketahui atau “idiopatik”. Serta bekasnya, 40 % sekali lagi, dikarenakan oleh beragam penyebabnya tersebut :

Sindrom saraf terjebak. Ini mencakup sindrom lorong karpal, kelumpuhan saraf ulnaris, kelumpuhan saraf peroneal, serta kelumpuhan saraf radial.

Penyakit systemik. Ini mencakup masalah ginjal, penyakit hati, rusaknya pembuluh darah serta penyakit darah, amiloidosis, kelainan jaringan ikat serta peradangan kritis, tidak seimbangan hormon (termasuk juga hipotiroidisme), dan kanker serta tumor jinak yang merubah saraf.

Kekurangan vitamin. Vitamin E, B1, B6, B12, serta niasin yaitu vitamin-vitamin yang vital untuk menanggung peranan saraf yang sehat. Kekurangan vitamin B12, umpamanya, bisa menyebabkan anemia pernisiosa—salah satu penyebabnya neuropati periferal. Walau demikian sangat banyak vitamin B6 malah mungkin saja penyebabnya kesemutan di tangan ataupun kaki.

Alkoholisme. Orang yang suka minum-minum alkohol terlalu berlebih lebih relatif alami kekurangan tiamin atau vitamin perlu yang lain karena rutinitas makan/minum yang jelek. Ada pula peluang kalau alkoholisme sendiri yang bisa mengakibatkan rusaknya saraf serta jadi penyebabnya kesemutan.

Toksin. Ini mencakup toksin logam berat seperti timbal, arsenik, merkuri, talium, dan beberapa bahan kimia industri serta lingkungan. Toksin-racun juga ada dalam obat-obatan tertentu—khususnya obat kemoterapi untuk penyembuhan kanker paru-paru—dan juga sebagian obat antivirus dan antibiotik.

Infeksi. Ini mencakup penyakit Lyme, herpes zoster (varicella-zoster), cytomegalovirus, Epstein-Barr, herpes simpleks, serta HIV/AIDS.

Penyakit autoimun. Ini meliputi sindrom Guillain-Barre, lupus, serta artritis rematoid.

Penyakit keturunan. Ini termasuk juga sekumpulan penyakit yang di kenal jadi masalah Charcot-Marie-Tooth.

Cedera. Saraf-saraf bisa tertekan, terjepit, tergerus, atau alami rusaknya hingga mengakibatkan nyeri saraf. Misalnya yaitu desakan saraf yang dikarenakan oleh hernia pada tulang belakang atau karena ada tulang yang tergeser.

MEMERIKSAKAN KESEMUTAN DI TANGAN DAN KAKI

Jika Anda mengambil keputusan untuk memeriksakan penyebabnya kaki serta tangan seringkali kesemutan ke dokter, ia mungkin saja juga akan lakukan kontrol fisik serta menyimak kisah medis Anda untuk ketahui kehadiran tanda, lingkungan kerja, rutinitas sosial (termasuk juga mengkonsumsi alkohol), paparan toksin, resiko HIV atau penyakit menyebar yang lain, dan kisah penyakit saraf dalam keluarga.

Dokter mungkin saja juga lakukan kontrol penambahan seperti :

Tes darah—termasuk tes untuk mendeteksi ada penyakit diabetes, kekurangan vitamin, masalah peranan hati atau ginjal, masalah metabolik, serta sinyal tanda ada kesibukan system imun yang abnormal.

Kontrol cairan serebrospinal. Tes ini bisa dipakai untuk mengidentifikasi antibodi-antibodi yang terkait dengan neuropati periferal.

Kontrol elektromiogram (EMG) —suatu tes untuk menguji kesibukan elektrik didalam otot.

Kontrol kecepatan konduksi saraf (Nerve conduction velocity atau NCV)

Langkah Menangani Kaki serta Tangan Seringkali Kesemutan

Kesuksesan penyembuhan dari kesemutan kritis tergantung pada diagnosis yang akurat serta cara penyembuhan yang akurat dari penyebabnya yang memicu problem kesemutan. Sepanjang beberapa sel saraf periferal belum juga mati, mereka masih tetap mempunyai peluang untuk memperbarui diri.

Ada bermacam penyembuhan yang dapat menangani beragam type problem kesemutan neuropati periferal. Jadi contoh, kontrol gula darah yang baik pada diabetes bisa perlambat perubahan neuropati diabetes. Contoh yang lain, suplemen vitamin bisa melakukan perbaikan kondisi neuropati periferal pada seorang yang kekurangan vitamin.

Pada dasarnya, beberapa pakar kesehatan merekomendasikan pola hidup sehat untuk menangani problem kaki atau tangan seringkali kesemutan. Ini salah satunya meliputi berolahraga teratur serta konsumsi makanan bergizi seimbang untuk melindungi berat tubuh yang maksimal, dan hindari atau membatasi mengkonsumsi alkohol. Ada pula anjuran dokter untuk berhenti merokok, karna merokok bisa mengakibatkan penghalangan supply darah ke pembuluh darah yang memasok nutrisi ke saraf periferal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *