Cara Mudah Membuat Bonsai Kelapa Bercabang dan Cepat Berbuah

Cara Mudah Membuat Bonsai Kelapa Bercabang dan Cepat Berbuah

 

Bonsai merupakan salah satu teknik budidaya tanaman yang sudah lama dikenal orang, terutama bagi para pecinta tanaman hias. Tanaman bonsai banyak di minati karena bentuknya yang unik dan menarik.

Bonsai memiliki harga yang cukup fantastis sesuai dengan tingkat keindahannya dan tingkat kesulitannya dalam pembuatannya. Semakin unik tampilan bonsai, semakin sulit membuatnya maka harganya juga semakin mahal. Jika anda memiliki ketelatenan dan daya kreatifitas yang tinggi , bonsai bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Banyak tanaman yang dapat di buat bonsai, beberapa diantaranya seperti bunga kertas, beringin, pohon asam, kamboja, pohon kelapa dll. Kalua biasanya anda sering melihat pohon kelapa yang menjulang tinggi dan tegak. Dengan teknik bonsai, akan di dapat pohon kelapa yang kerdil bahkan bercabang.

Berikut ini langkah-langkah membuat bonsai kelapa:

* Pemilihan bibit

Terdapat beberapa jenis kelapa yang sering di bonsai antara lain, kelapa gading susu, kelapa gading merah dan kelapa albino. Namun anda juga dapat membuat bonsai kelapa dengan menggunakan jenis lain yang mudah di dapat.

Dalam memilih bibit kelapa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pilih kelapa yang benar-benar tua agar pertumbuhan tunasnya cepat dan sempurna.
  • Gunakan kelapa yang dipetik langsung dari pohonnya. Karena jika menggunakan kelapa yang sudah jatuh ke tanah batoknya mudah rapuh
  • Pilih bibit yang berukuran sedang, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil agar mudah di tanam di pot.

 

* Menumbuhkan tunas kelapa yang akan di bonsai

  • Letakkan bibit kelapa yang sudah tua di atas tanah yang memiliki kelembapan dan mengandung banyak air.
  • Biarkan bibit kelapa 2-3 minggu sampai bibit kelapa bertunas.
  • Posisi peletakkan buah kelapa sangat berpengaruh terhadap bentuk tanaman. Jika menginginkan bonsai kelapa yang batoknya di kelilingi akar maka letakkan buah kelapa dengan posisi berdiri (vertical). Jika menginginkan bentuk bonsai seperti keong maka letakkan buah kelapa dengan posisi horizontal.

 

* Cara membonsai bibit kelapa

  • Jika tunas kelapa sudah tumbuh dengan tinggi 3-5 cm, maka sabut kelapa harus di kupas.
  • Cara mengupasnya adalah dengan membuat potongan melintang pada 1/3 bagian belakang kelapa menggunakan gergaji atau golok tajam.
  • Kemudian buat sayatan membujur dari tunas belakang hingga menyentuh batok.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *