Cara Mencuci Karpet Masjid

Karpet masjid merupakan salah satu kebutuhan dasar untuk melakukan ibadah, dimana karpet masjid ini perlu beberapa perawatan secara rutin agar selalu tampak bersih, wangi dan bebas bakteri. Untuk mencuci karpet masjid  diperlukan beberapa bahan , yakni pewangi, vacuum cleaner, yang benar? pencucian karpet ini biasanya dilakukan secara berkala, bisa 6 bulan sekali maupun setahun sekali, tergantung kebutuhan di tiap-tiap masjid, karena tidak semua karpet yang dimiliki oleh masjid dibuka, ada beberapa masjid yang hanya setengah ruangan membuka karpet roll, ada juga yang full dibuka dan dihamparkan karena ruangannya yang tertutup dan ber- Ac.

cuci karpet masjid
CUCI KARPET MASJID

Karpet masjid  biasa dipakai sebagai alas penutup lantai ibadah sholat, selain untuk ibadah juga dapat dimaksudkan untuk membuat pijakan kaki terasa lebih nyaman dan sholatpun terasa lebih khusuk.  Sebagai  sarana ibadah karpet masjid penting sekali perawatannya, biasanya dewan kemakmuran masjid (DKM) telah membuat jadwal khusus untuk proses perawatannya dan penggantian karpet masjid.

Karena seringnya digunakan untuk beribadah karpet masjid  mudah sekali kotor, ini dikarenakan ada banyak sekali orang yang memijak di atasnya setiap hari di waktu sholat. selain itu desain interior masjid yang terbuka  biasanya menyebabkan kotoran mudah masuk dan menempel. Partikel debu yang sangat kecilpun  beterbangan dengan mudahnya dapat menempel ke permukaan karpet masjid.

Cara membersihkan karpet itu sendiri yakni dengan membersihkan karpet masjid dari partikel debu, kotoran maupun dari benang dengan spons basah, bisa juga menggunakan dengan mesin sikat yang halus untuk menghilangkan dubu kotorannya, sesudah itu karpet masjid bisa dibersihkan dengan shampo khusus karpet , biasanya langsung ditambahkan pewangi karpet,  dan cairan anti bakteri. pengerjaan ini pencucian karpet masjid ini bisa langsung ditempat, tanpa harus megangkat karpet keluar atau membawa karpet masjid ketempat pencucian, Hal ini menjadikan kerja menjadi lebih singkat dan untuk efisiensi waktu. Setelah dibersihkan dengan sabun, karpet dibilas dengan air dan dikeringkan dengan mesin cleaner agar langsung bisa kering.

Karpet masjid wajib dicuci sampai bersih dan secara berkala. Mengingat bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Karpet yang senantiasa dijaga kebersihandan keharumannya akan terbebas dari bakteri, kuman, dan bibit penyakit. Dengan perawatan yang rutin, daya tahan karpet tersebut pun akan semakin lama karena kondisinya tetap terjaga dengan baik. Namun karena ukurannya sangat besar, mencuci karpet masjid bukanlah pekerjaan yang mudah, dibutuhkan beberapa personil untuk mempercepat dan mempersingkat waktu pencucian, bisa 3-5 orang untuk membersihkan karpet masjid.

Agar karpet senantiasa bersih dari debu, biasanya pengurus masjid selalu melakukan pembersihan debu dengan vacuum cleaner, hal ini untuk menghindari adanya bakteri yang menempel pada karpet, apalagi karpet masjid cenderung basah karena sisa-sisa wudhu jamaah, semakin mudah saja bakteri muncul, karena lingkungan yang basah ini, akibatnya jika karpet sering basah dan berdebu adalah muncul bau tidak sedap saat jamaah melakukan sujud. Hal ini membuat jamaah menjadi tidak nyaman untuk ibadah, oleh karenanya, hindari karpet basah dan berdebu karena akan berakibat bau pada karpet.

Untuk menggunakan jasa cuci karpet masjid, anda bisa menghubungi jual karpet masjid di bekasi, untuk pengerjaanya bisa dilakukan ditempat dengan membawa alat mesin pencuci karpet disertai pengeringnya. Kami berpengalaman dalam pecucian karpen maupun untuk jasa obras karpet. Jika anda berminat membeli karpet masjid bisa langsug order di jual karpet masjid jakarta.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *