Cara Menanam Pohon Kelapa

Cara Menanam Pohon Kelapa

Cocos nucifera atau yang lebih dikenal dengan sebutan kelapa adalah sebuah satu-satunya anggota dari keluarga cocos. Selain itu, karena hampir diseluruh Indonesia berada di pesisir pantai membuat anda lebih mudah mendapatkan kelapa ini dan mengakibatkan tanaman ini menjadi tanaman yang paling dimanfaatkan baik dari segi ekonomi, serta kehidupan sosial masyarakat pesisir tersebut.

Pembudidaya kelapa merupakan salah satu contoh bisnis yang dapat menghasilkan uang yang terbilang tinggi karena kebutuhan akan tempat makan selalu membutuhkan kelapa khususnya untuk dijadikan es. Oleh karena itu, berikut ini adalah teknik yang diperlukan dalam melakukan budidaya penanaman tanaman kelapa.

  • Memilih Benih

Benih yang digunakan adalah berasal dari tanaman pohon induk yang telah memasuki umur sekitar 20-40 tahun lamanya. Tingkat produksi buah yang sekitar 80-120 buah/pohon  dengan perkiraan lain sekitar 25 kg/pohon. Batang yang lurus serta kuat dengan daun yang bersih serta tanaman yang bebas dari hama serta penyakit.

  • Menyiapkan Benih

Setelah melakukan penyeleksian pada benih, bibit sebaiknya dilakukan pengistirahatan kurang lebih sekitar 1 bulan pada tempat yang udaranya segar, tidak bocor, kering serta tidak terkena sinar matahari langsung dengan suhu udara yang tepat untuk tempat tersebut adalah sekitar 25-27 derajat C.

  • Pemindahan Bibit

Perhatikan cara menanam pohon kelapa berikut dalam pemindahan bibit:

  • Pemindahan bibit sebaiknya dilakukan ketika memasuki musim penghujan.
  • Bibit polybag wajibnya telah dapat dipindahkan ketika umur pada tanaman telah mencapai umur 9-12 bulan. Akar yang timbul diluar polybag sebaiknya dilakukan pemotongan pada waktu dua hingga tiga hari sebelumnya.

Media Tanam

Karena tanaman kelapa dapat tumbuh di berbagai media tanam seperti laterit, pasir, tanah berbatu, serta aluvian. Tetapi yang membuat tanaman kelapa yang ditanaman memiliki produktivitas yang terbaik sebaiknya ditanam dengan menggunakan tanah alluvial.

baca juga : jual bibit kelapa hibrida

Untuk pertumbuhannya, tanah yang memiliki ketersediaan air tanah sangat dibutuhkan tanaman kelapa. Selain itu, air tanah yang didapatkan harus memiliki ketersediaan yang sama dengan air yang terdapat pada curah hujan selama satu bulan pertama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *