Aqiqah Anak Jadi Bahasan Khutbah Jumat

Aqiqah Anak Jadi Bahasan Khutbah Jumat

Aqiqah Anak Jadi Bahasan Khutbah Jumat

Assalamualaikum wr. wb. Apa kabar saudara ku muslimin semua di seluruh indonesia dan semua yang membaca postingan artikel dari blog Khutbah Jumat. Semoga kita semua selalu diberi rahmad dan lindungan oleh Allah SWT dan selalu dibimbing nya menuju jalan yang benar. Di artikel yang kali ini admin akan membahas salah satu Khutbah Jumat yang pernah admin dengar kan dulu yakni sang khotib sedang membahas mengenai yang nama nya aqiqah. Ada yang tahu apa itu aqiqah? Kalo masih ada yang belum tahu baik akan admin jelas kan mengenai aqiqah dan sesuai dengan apa yang telah admin dengar dari Khutbah Jumat di salah satu masjid dulu.

Jadi gini teman teman semua, yang di maksud dengan aqiqah ini adalah proses pengurbanan hewan di dalam ajaran atau syariat agama islam, yang tujuan nya adalah untuk mengucap kan rasa syukur kepada Allah SWT atas lahari nya bayi di dalam suatu keluarga yang menjalan kan aqiqah tersebut. Jadi aqiqah itu identik dengan bayi yah teman teman maka dari itu kalau ada tetangga muslim yang datang memberi kan kalau istilah jawa nya itu berkat aqiqah itu berarti di dalam keluarga orang tersebut ada yang baru saja melahir kan bayi.

Nah untuk hukum nya sendiri, dulu di sampai kan oleh khotib saat mem beri kan ceramah bahwa beberapa kalangan ulama yang ada di indonesia menyata kan bahwa hukum dari melaku kan aqiqah itu adalah sunnah muakkadah dan hal ini di dasari oleh ulama sebagai pendapat jumhur ulama yang menurut sumber hadits. Dan banyak sekali ulama ulama yang menjelas kan dan menerang kan bahwa yang nama nya aqiqah ini merupa kan suatu wujud penebusan yakni adalah sebagai artian bahwa aqiqah itu akan menjadi kan terlepas nya kekangan dari jin yang selalu mengiringi semua bayi yang telah lahir ke dunia ini. Jadi dari sumber ini lah para masyarakat banyak yang percaya bahwa kegiatan aqiqah itu sebaik nya di laku kan untuk kebaikan dari bayi yang lahir ini. Di lingkungan admin sendiri juga banyak sekali warga sekitar yang selalu melakukan acara aqiqah an jika ada yang telah mendapat momongan atau telah melahir kan bayi di keluarga nya. Dari Khutbah Jumat yang admin dengar kan itu admin pun sekarang menjadi paham bahwa ada banyak sekali tradisi yang ada di negara kesatuan republik indonesia ini khusus nya di pulau jawa yang sangat kental sekali dengan kepercayaan dan adat istiadat yang sudah ber kembang sejak zaman dahulu yang selalu di laku kan oleh nenek moyang mereka.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *