7 Jenis Balap Motor yang Ada di Dunia Selain MotoGP

Balapan bukan hanya olahraga. Tapi itu juga pertunjukan yang menarik minat berbagai kelompok di seluruh dunia.

Di antara mereka, ada olahraga balap yang bersaing dengan kuda besi. Faktor keterampilan pengendara juga menentukan kemenangan di podium. Ada yang menggunakan trek aspal sebagai arena kompetisi, ada juga yang menggunakan lintasan berdebu sebagai arena.

7 Jenis Balap Motor yang Ada di Dunia Selain MotoGP

Bagi mereka yang suka motor balap, berikut adalah beberapa jenis balap motor yang menyenangkan untuk ditonton.

1. MotoGP.

Balap motor ini sepertinya merupakan jenis balap motor yang paling bergengsi. Penggemar MotoGP memiliki jumlah yang cukup fantastis dan menyebar di berbagai negara. Selama ada komunitas atau klub penggemar yang selalu hadir di mana pun pelari idola berpartisipasi dalam perlombaan MotoGP.

Kuda besi MotoGP khusus ini adalah mesin 1000cc yang harus melahap 22 putaran atau putaran. Ada pengelompokan berdasarkan kategori kelas untuk kapasitas setiap mesin sepeda motor. Di antara mereka adalah Moto 2, Moto 3 dan kelas MotoGP terakhir, yang bersaing di 18 sirkuit resmi.

Kecepatan mesin bisa mencapai 300 km / jam lebih dengan 6 gigi. Dan ban samping istimewa yang mulus tanpa kelengkungan adalah ciri khas MotoGP.

2. Dunia Super Bike.

Super bike adalah acara balap motor menggunakan motor sport 1000cc yang dijual secara massal. Ini berarti bahwa mesin yang digunakan adalah mesin yang juga dapat dimiliki oleh komunitas yang lebih besar pada tingkat ekonomi tertentu.

Pembalap ras Superbike tidak setenar pembalap Moto GP. Kecuali mereka yang sudah berpacu untuk MotoGP dan beralih ke Superbike. Pengendara hanya bagian dari tim dan tidak menanggung nama produsen sepeda motor yang didukung oleh beberapa sponsor yang bekerja dengan mereka. Artinya, hampir semua dana berasal dari tim pribadi dan sponsor.

3. Super Moto.

Mesin dasar yang digunakan dalam balapan Super Moto ini adalah sepeda motor dengan jenis trek. Tetapi ada modifikasi terpisah untuk stang dan ukuran ban. Ban yang digunakan dalam Super Moto lebih besar daripada yang digunakan dalam balapan Moto Trail.

Sama dengan kapasitas mesin. Selain itu, lintasan yang digunakan menggabungkan lintasan aspal dengan lintasan tanah. Level rintangan yang ditentukan menambah kegembiraan acara balap Super Moto ini. Namun Super Moto hanya dimainkan di beberapa trek di Italia.

4. Moto Cross.

Balap motor jenis ini adalah jenis balap motor yang menggunakan lintasan medan dengan berbagai bentuk rintangan terlatih khusus. Sebagai rintangan untuk melompat atau melompat dan beberapa belokan diklasifikasikan sebagai tajam, pengendara harus menurunkan kaki mereka untuk membantu memfasilitasi putaran.

Biasanya, di garis start, pengendara berbaris, sebuah papan dipegang di depan roda mereka. Setelah papan jatuh, ini adalah tanda bahwa perlombaan dimulai. Tidak jarang pelari juga melakukan beberapa trik untuk melompat ke udara. Jenis kotak ban atau ban yang dikenal adalah ban paling identik yang digunakan dalam perlombaan Moto Cross ini.

5. Balapan cepat.

Balap motor jenis ini cukup unik. Trek yang digunakan adalah trek tipe terestrial dan hanya oval. Manuver kecepatan tinggi dan posisi kaki di tanah adalah aksi paling keren dari pengendara yang bersaing.

Ukuran tubuh dari frame yang digunakan juga cukup tipis. Karena itu, lebih mudah bagi pelari untuk melakukan manuver “licin” dengan kecepatan tinggi saat menikung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *