5 Hal Tentang Biang Keringat Bayi

 

Biang keringat dapat muncul pada bayi dengan gejala ruam dan kulit kemerahan. Karena kulit bayi masih sensitif, kita tidak dapat sembarangan memberi obat. Cara mengobati biang keringat pada bayi mesti dilaksanakan sesuai tuntunan dokter, atau teknik alami yang dapat dilakukan di rumah.

Berikut ini ialah penjelasan menyeluruh mengenai biang keringat pada bayi:

  1. Penyebab biang keringat pada bayi

Keringat berlebih pada bayi dapat menyebabkan pori-pori kulitnya tersumbat sampai-sampai keringat tidak dapat keluar sehingga memunculkan biang keringat. Bayi dan anak kecil sering merasakan biang keringat sebab kelenjar keringat mereka belum berkembang dengan sempurna.

Lawrence F. Eichenfield, M.D., seorang profesor pediatri dan dermatologi di University of California mengatakan, “Lingkungan yang panas atau hangat, serta pakaian terlampau tebal dapat menyebabkan biang keringat pada bayi.”

Kepala Bagian Dermatologis Anak dan Remaja di Rady Children’s Hospital-San Diego ini pun menambahkan, sirkulasi udara yang tidak cukup baik dapat mengakibatkan suhu di dalam ruangan menjadi panas atau gerah. Ditambah lagi bila bayi menggunakan terlalu tidak sedikit lapisan baju, nah situasi ini dapat menyebabkan biang keringat.

Apabila suhu panas mengakibatkan badan berkeringat, namun sebab pakaian terlampau tebal menciptakan keringat tidak dapat keluar, keringat bakal mengalir ke jaringan kulit di dekat kelenjar keringat. Hal ini merangsang iritasi dan kemerahan pada kulit.

  1. Gejala biang keringat pada bayi

Apabila bayi merasakan ruam kemerahan di kulitnya yang seringkali tertutup, layaknya di lipatan tangan, unsur kemaluan, ketiak atau belakang lutut, tandanya ia merasakan biang keringat. Bayi seringkali akan menjadi rewel dan tidak jarang menggaruk unsur yang terpapar ruam.

Bila ini terjadi, usahakan bayi dikenakan pakaian berbahan nyaman dan menyerap keringat, serta turunkan suhu ruangan dengan AC atau kipas angin untuk menolong mengurangi rasa gerah pada bayi.

  1. Tips dan teknik menghilangkan biang keringat pada bayi.

Kebanyakan fenomena biang keringat seringkali akan hilang sendiri dalam sejumlah hari. Nah, untuk menolong bayi merasa lebih nyaman, kita perlu mengerjakan hal-hal di bawah ini.

  • Menurunkan suhu ruangan. Tingkatkan sirkulasi udara di rumah Anda dengan pertolongan AC atau kipas angin supaya bayi tidak terlampau merasa gerah. Kondisi biang keringat dapat memburuk bila tubuh bayi terus berkeringat sebab gerah.
  • Kenakan pakaian bayi yang nyaman. Gantilah pakaian bayi dengan bahan yang lebih tipis supaya sirkulasi udara di kulitnya lebih lancar.
  • Gunakan losion calamine. Oleskan losion di unsur yang ruam, tetapi hindari wilayah sekitar mata.
  • Pindahkan bayi ke ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Jagalah unsur tubuh yang ruam supaya tetap kering.
  • Hindari pakaian yang terlampau ketat pada bayi.
  • Mengobati biang keringat pada bayi dapat dilakukan dengan memberi losion eksklusif ruam, atau sesuai tuntunan dokter.

 

  1. Mengobati biang keringat dengan bahan alami

 

Cendana:

Campurkan bubuk cendana dengan air mawar, kemudian oleskan gabungan ini pada unsur tubuh yang merasakan biang keringat.

Lidah buaya:

Lidah buaya menyerahkan sensasi sejuk di kulit, gabungan daging lidah buaya dengan air mawar dipercaya dapat mengobati biang keringat pada anak-anak maupun orang dewasa.

LemonL

Keluarga buah jeruk ini, diandalkan  mempunyai khasiat guna mengontrol minyak berlebih dampak pengeluaran keringat. KIta dapat memandikan si kecil dengan air dibaur perasan lemon guna mengurangi fenomena biang keringat.

  1. Mencegah biang keringat pada bayi

 

  • Hindari memberi pakaian yang terlampau tebal pada bayi, terutama ketika cuaca panas dan suhu tinggi. Biang keringat dapat dicegah andai kulit bayi dapat bernapas dengan baik.
  • Dia mesti menggunakan pakaian tipis berbahan katun yang menyerap keringat. Dengan begitu, memungkinkan udara untuk keluar masuk, dan tidak terdapat hambatan keringat keluar dari kulitnya.
  • sediakan pendingin udara di kamar bayi supaya dia tidak gampang berkeringat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *